blank
Para santri yang tampil menjadi petugas upacara HSN Tahun 2023, foto bersama Forkompimcam dan para Kiai serta Ustdaz.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bersama ulama, peran para santri tidak bisa dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dengan semangat heroisme, mereka turut berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, Senin (23/10), mengabarkan, penegasan tersebut diberikan Danramil-20/Kismantoro Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Inf) Budi Utama, saat mengikuti upacara Hari Santri Nasional (HSN). Upacara peringatan HSN Tahun 2023, Minggu (22/10), digelar di Lapangan Sepakbola Kelurahan Gesing, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Camat Kismantoro, Sularto, Kapolsek Iptu Budiyanto dan Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri, Indah Retnowati. Juga hadir Ketua Panitia HSN, Sarmun, para Kepala Desa (Kades) dan Lurah se-Kecamatan Kismantoro, para Kepala sekolah jenjang pendidikan MI, MTS dan MA se-Kecamatan Kismantoro, para kiai, ustadz, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Danramil-20 Kismantoro Kapten (Inf) Budi Utama, mengajak seluruh santri untuk bersama-sama dengan seluruh elemen masyarakat, siap menjaga persatuan dan kesatuan, demi mewujudkan keamanan berkesejahteraan dalam berbangsa dan bernegara yang terbingkai dalam NKRI.

Yakni dengan senantiasa berbuat positif, dan secara proaktif menularkan kebajikan untuk masyarakat. Terlebih bagi warga masyarakat di wilayah Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri.

HSN, ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor: 22 Tahun 2015. Panduan pelaksanaan HSN 2023, tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama No: 10 Tahun 2023.

Peringatan HSN Tahun 2023 mengambil tema ”Jihad Santri Jayakan Negeri.” Ini untuk┬ámengingatkan kita akan semangat perjuangan para santri dalam membangun kejayaan negeri.
Bambang Pur