blank
Koptu Jarwadi saat melaksanakan tugas, tak sungkan-sungkan membuatkan kopi hangat untuk warga. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Pada Umumnya masyarakat bersedekah di hari Jumat berupa nasi maupun makanan ringan. Namun anggota TNI yang satu ini sungguh berbeda, saat bertugas setiap hari Jumat, dirinya membagikan kopi gratis kepada warga yang ditemui.

Adalah Kopral Satu Jarwadi, Babinsa Desa Kendaldoyong, dari Koramil 03/Wonosalam Kodim 0716/Demak. Dalam melaksanakan tugas pembinaan di wilayah kerjanya, dia tak sungkan-sungkan membuatkan kopi hangat untuk warga.

”Ini saya lakukan, agar bisa dekat dengan masyarakat, dan menjalin komunikasi yang baik. Ini juga kami niatkan untuk bersedekah di hari Jumat,” Kata Koptu Jarwadi, saat di hubungi Selasa (17/10/2023).

BACA JUGA: Danramil Manyaran Pimpin Pemugaran Rumah Anak Yatim Piatu

blank
Bersama warga, Koptu Jarwadi ngopi sambil mencari informasi dan berkomunikasi dengan warga desa setempat. Foto: rudy

Menurut dia, pada umumnya Babinsa saat bertugas ditawari warga atau aparat desa dengan segelas minuman. Namun kali ini berganti, Babinsa yang menyediakan minum untuk warga berupa kopi. Sambil ngopi, Babinsa menggali informasi dan komunikasi sosial dengan warga.

Alasan lain mengapa dirinya menyediakan kopi gratis, karena mayoritas warga Indonesia suka sekali minum kopi sebagai teman ngobrol maupun bercengkerama.

Dengan pakaian dinas lengkap, Koptu Jarwadi berkeliling desa dengan membawa kotak rombong berbahan papan, yang ditempatkan diatas jok motor. Dalam kotak rombong itu dilengkapi air panas, kopi kemasan berbagai varian, dan gelas kopi kertas.

BACA JUGA: Sejumlah Embung di Blora Kering Akibat Kemarau Panjang, Tanah Dasarnya Retak-Retak

Terpisah, Danramil 03/Wonosalam, Kapten Etok Suristyono, mendukung apa yang dilakukan anggotanya itu.

”Saya mendukung upaya positif pendekatan diri anggota TNI ke masyarakat, seperti dilakukan Koptu Jarwadi Ini. Dan ini sebuah inovasi yang luar biasa. Semoga bisa menginspirasi Babinsa-Babinsa lainnya, sehingga masyarakat lebih dekat dengan TNI,” tukas Danramil.

Rudy-Riyan