Balai Layanan Teknologi Pendidikan (BLPT) Kemendikbudristek melaksanakan kegiatan yang bertajuk Serentak Bersinergi dan Berbagi Praktik Baik Platform Teknologi (SIBATIK)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Guna meningkatkan kompetensi guru dan memaksimalkan pemanfaatan platform teknologi pendidikan. Balai Layanan Teknologi Pendidikan (BLPT) Kemendikbudristek melaksanakan kegiatan yang bertajuk Serentak Bersinergi dan Berbagi Praktik Baik Platform Teknologi (SIBATIK) 2023 di Ruang Soekarno lantai 1 BBPMP Jawa Tengah Jumat dan Sabtu ( 13-14/10/23).

Hadir pada kegiatan pembukaan Kepala Bagian Umum BBPMP dan Koordinator Pembinaan Jabatan Fungsional PTP Pusdatin Kemdikbud serta Duta Teknologi Provinsi Jawa Tengah. Hadir pula 50 peserta dari unsur guru dan pamong dari berbagai jenjang mulai TK, SLB, pamong kesetaraan, SD, SMP, hingga SMA/SMK. Para peserta berasal dari Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, dan Kota Semarang.

Kabag umum BBPMP Jawa Tengah Muhammad Adi Hartono mewakili Kepala BBPMP Jawa Tengah menyampaikan pentingnya akselerasi pemanfaatan platform pendidikan saat ini. Menurutnya di era merdeka belajar, guru harus lebih lebih inovatif dan kreatif. Pemerintah sudah menyediakan layanan platform teknologi pendidikan.

Tingkatkan Kompetensi Guru Dutek Jateng Gandeng BLPT dan BBPMP Gelar Sibatik

“Para guru yang hadir ini harus terus belajar dan mau memanfaatkan teknologi sebagai layanan pendidikan. Guru-guru ini yang nantinya akan mengimbaskan juga sehingga akselerasi kurikulum merdeka dan pemanfaatan teknologi akan lebih maksimal. Kami juga apresiasi peran dutek Jawa Tengah, yang sudah menginisiasi kegiatan ini. “ Ujarnya di sela sambutan.

Sementara itu Koordinator Pembinaan Jabatan Fungsional PTP Pusdatin Kemendikbud Inanda Mora menandaskan bahwa kegiatan diinisiasi oleh duta teknologi kemendikbud Jawa Tengah.

“Saya mewakili BLPT mengapresiasi Duta Teknologi. Perlu diketahui bahwa kegiatan Sibatik ini tidak semua usualan (usulan) atau proposal diterima. Jadi bersyukur usulan Jawa Tengah ini termasuk salah satu yang lolos, sehingga bapak ibu hari ini bisa berkumpul di ruang ini. BLPT berharap para peserta nantinya bisa memanfaatkan platform teknologi yang ada, serta memproduksi luaran yang bisa diunggah di PMM baik di aksi nyata maupun di bukti karya. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada BBPMP Jawa Tengah yang sudah berkenan bekerja sama” ucapnya di acara pembukaan.

Para narasumber kegiatan adalah para Duta Teknologi yang berjumlah 7 orang. Dari hari pertama para narasumber memaparkan kebijakan IKM, progres aktivasi akun belajar.id, dilanjutkan hari kedua yaitu aksi nyata PMM, bukti karya, dan eksplorasi raport pendidikan.

Para peserta dipandu dalam menyusun aksi nyata dan unggah bukti karya. Salah satu bukti karya yang bisa dibuat guru yaitu video praktik baik pembelajaran. Selama ini para guru sebenarnya sudah memanfaatkan fitur di dalam PMM. Hanya saja belum semua fitur dikuasai guru. Maka kegiatan SiBatik 2023 sangat mendukung eksplorasi pemahaman dan kemampuan guru dalam memanfaatkan PMM guna mendukung IKM.

Hadepe – US