Salah satu olahan kerang laut (Foto:pnterest).

JEPARA (SUARABARU.ID)- Bicara soal kuliner olahan laut, Kabupaten Jepara adalah surganya. Kota yang terletak di pesisir pulau Jawa ini menyajikan ragam kuliner yang berasal dari laut, salah satunya kerang. Masakan khas kota yang terkenal dengan Ratu Kalinyamat ini selain kerang adalah pindang srani, ikan asap, petis ikan, hingga ndas manyung.

Nelayan penjual kerang.

Kuliner kerang laut dengan berbagai olahan ini sering diburu para wisatawan. Kerang saus tiram, kerang soeng-oseng, sate kerang, hingga olahan kerang tanpa bumbu, yang hanya dengan cocolan saus pun sudah terasa nikmat.

Kerang di Jepara memiliki banyak jenis. Seperti yang biasa disebut masyarakat, jenis kerang yang banyak dikonsumsi masyarakat adalah kerang jenis bukur, kijing, srimping, kerang batik, hingga kerang tiram.

Berbagai jenis kerang di Kabupaten Jepara.

Kerang bukur adalah jenis kerang yang memiliki cangkang bergaris-garis kasar. Biasanya olahan kerang bukur ini cukup dengan irisan bawang putih, bawang merah, garam dan penyedap rasa.

Sedangkan kerang kijing mempunyai tekstur cangkang halus. Jenis kijing ini sangat banyak. Ada lagi kerang jenis tiram, seperti bongkahan batu, tapi saat cangkang dibuka akan terlihat daging kerang yang lembut dengan citarasa yang menggoda.

Untuk harga kerang relatif murah karena diambil langsung dari nelayan. 1kg untuk kerang jenis kijing dibanderol 20 ribu. Sedangkan untuk jenis tiram satu ember dibanderol dengan harga 45 ribu.

Pusat penjual kerang terletak di Desa Surodadi, Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara, sebagai salah satu kampung nelayan.

ua