Peserta Magelang Critical Mass, Ride for Peace kumpul di Tugu Aniem selanjutnya gowes keliling Kota Magelang. (Dok)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Puluhan pesepeda ikut kegiatan _Magelang Critical Mass, Ride for Peace_ pada Jumat Malam, (13/10). Mereka berkumpul di Tugu Aniem Alun-alun Kota Magelang.

Pesepeda dari berbagai macam komunitas antusias ikut acara ini. Kegiatan yang digagas oleh Magelang.NightRide, yakni gerakan bersepeda oada Jumat malam. Kali ini mengambil tema bersepeda untuk perdamaian.

Menurut Masyoga, kegiatan ini sebagai wujud keprihatinan akan perang yang terjadi di Palestina dengan Israel, yang merenggut korban ribuan jiwa. Sebagian besar adalah anak anak dan wanita.

Acara diawali dengan doa bersama untuk perdamaian, dilanjutkan dengan bersepeda malam susuri jalanan Kota Magelang. Lebih dari 50 pesepeda berbagai jenis tertib ikuti kegiatan ini.

Rute yang dilalui Jalan Pemuda, Tidar, Gatot Subroto, Sunan Giri – menyusuri Kali Bening, Jalan Pahlawan, Jalan Ade Irma Suryani dan berakhir di Alun-alun.

Acara ini menarik masyarakat di jalan yang dilintasi. Dengan lampu berkelap kelip terpasang di sepeda memberi pemandangan yang unik di jalanan Kota Magekang.

Yulia, salah satu perempuan yang pertama kali ikut kegiatan ini menyambut baik kepedulian pesepeda Magelang. Dia mengungkapkan, kegiatan bersepeda dapat menjadi alat untuk kampanyekan perdamaian.

Di akhir acara Masyoga mengatakan, kegiataan ini akan dilaksanakan rutin tiap jumat akhir bulan. (Doddy Ardjono(