blank
Ganjar saat mengisi kuliah umum di Unpar, Bandung, Rabu (11/10/2023). Foto: tmgp

BANDUNG (SUARABARU.ID)– Karier Ganjar Pranowo di bidang politik, ternyata tak berjalan mulus. Kader PDIP ini lahir dan mengawali karier politiknya dengan susah payah, bahkan cenderung suram.

Hal itu terungkap, saat Bakal Calom Presiden (Bacapres) RI 2024 itu, mengisi kuliah umum di Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Bandung, Rabu (11/10/2023). Dalam kesempatan itu, Ganjar bercerita bagaimana suka dukanya berkarier di dunia politik, yang membesarkan namanya saat ini.

Awalnya, Ganjar memberikan materi tentang pentingnya peran anak muda dalam politik di Indonesia. Dia mengajak anak muda untuk terjun ke dunia politik, guna mewujudkan demokrasi yang lebih baik.

BACA JUGA: Pemprov Jateng Berkomitmen Tingkatkan Kesejahteraan dan Perlindungan Nelayan Kecil

Namun saat itu ada seorang mahasiswa bernama Daniel Saputra, bertanya pada Ganjar. Bagaimana bisa anak muda terjun ke dunia politik, padahal mereka tidak memiliki modal.

”Kami anak muda tentu tertarik terjun ke dunia politik. Tapi kami nggak punya uang. Kami yang masih muda ini, uangnya belum cukup untuk kampanye,” tanya Daniel.

Ganjar tersenyum mendengar pertanyaan Daniel. Kemudian dia menyampaikan, banyak anak muda yang mengalami problem yang sama dengannya.

BACA JUGA: Diskusi Pemilu Gen Z, Wali Kota Semarang Ajak Waspadai Potensi Konflik di Tahun Politik

blank
Bersama para dosen Unpar, Ganjar mendengarkan dengan seksama penjelasan yang disampaikannya. Foto: tmgp

”Aku mau cerita ya, dulu ada anak muda yang ditugaskan maju sebagai anggota DPR RI. Dia nggak punya duit sama sekali, tapi tetap berani untuk maju,” ujar Ganjar.

Anak muda itu rajin bertemu dengan rakyat. Dia datang ke bawah menyerap aspirasi, mendengarkan keluh kesah bahkan tidur bersama rakyat. Dengan kesungguhan itu, akhirnya si anak berhasil menjadi anggota DPR RI, bahkan sampai dua periode.

”Dan dia sekarang jadi terkenal. Sering ditugaskan menjadi ketua pansus di DPR. Anak itu namanya Ganjar Pranowo,” ungkap Ganjar, disambut tepuk tangan meriah ribuan mahasiswa.

BACA JUGA: Irwan Leokita Ingin Lebih Bermanfaat bagi Orang Lain dan Membantu Aspirasi Pembangunan Masyarakat

Ditegaskan dia, dalam politik uang itu memang penting. Tapi uang bukanlah segalanya. Yang terpenting dalam politik adalah, membangun kepercayaan rakyat bahwa tokoh yang mereka pilih bisa menjadi penyambung lidah dan memperjuangkannya.

”Maka pesan saya untuk Daniel dan kawan-kawan mahasiswa lain yang ingin terjun ke dunia politik, mulailah dari sekarang. Sering-seringlah turun ke masyarakat, berdiskusi dan mendengarkan keluh kesah masyarakat. Bangun ketokohan kalian, agar kalian menjadi politisi yang kredibel, sehingga masyarakat percaya,” jelasnya.

Selain itu, banyak cara agar anak muda bisa terjun ke dunia politik, meski tak memiliki uang. Ada mekanisme donasi dalam politik yang diperbolehkan oleh undang-undang.

”Jadi jangan khawatir kalau soal itu. Kalau tertarik, langsung terjun. Boleh gabung dengan saya, nanti saya kader,” pungkasnya.

Riyan