blank
Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana, menerima audiensi perwakilan Indonesia Ocean Justice Initiative (IOJI), Rabu (11/10/2023). Foto: HP

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah  berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan nelayan kecil di wilayahnya.

Komitmen itu disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, saat menemui perwakilan Indonesia Ocean Justice Initiative (IOJI)  di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Rabu (11/10/2023).

Hingga kini, pemetaan terhadap permasalahan yang dihadapi oleh nelayan kecil terus dilakukan oleh Pemprov dan IOJI. Pun dengan pencegahan dan penindakan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dan sosialisasi asuransi nelayan.

Sebab, Kerja sama Pemprov Jateng dengan IOJI sudah terjalin lama. Pada Mei 2023 lalu juga telah ditandatangani nota kesepahaman dalam bidang penguatan perlindungan dan pemberdayaan awak kapal perikanan migran, nelayan kecil, serta nelayan buruh di Jateng.

Nana menyatakan, kehadiran IOJI dinilai penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan, kualitas, dan perlindungan nelayan kecil di Jawa Tengah.

“Kami ingin nelayan kami sejahtera dan kualitas meningkat. Strateginya seperti apa sedang disiapkan. Juga terkait perlindungan nelayan kita,” katanya.

Semenara itu, CEO IOJI, Mas Achmad Santosa, menilai, PJ Gubernur Jawa Tengah memiliki perhatian tinggi dengan nelayan kecil. Perhatian itu dianggapnya selaras dengan fokus IOJI yang berupaya memberikan fasilitas terhadap peningkatan kesejahteraan dan perlindungan nelayan kecil.

“Ini nyambung, karena memang kami sedang mengerjakan soal Pergub perlindungan nelayan kecil, karena Perda sudah ada,” katanya.