blank
Puncak kegiatan Nation Building dipentaskan 'Malam Dharma Puruhita', dengan tema Tapak Jejak Nusantara. Foto: df

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Primadi H Serad mengatakan, pihaknya kembali menggelar Nation Building bagi 521 Beswan Djarum angkatan ke-38, yang berasal dari 93 perguruan tinggi di Indonesia.

Menurut dia, Nation Building bagi Beswan Djarum, sebutan bagi para mahasiswa penerima program Djarum Beasiswa Plus ini, diadakan pada Kamis-Selasa (5-10/10/2023), di Semarang dan Kudus.

”Indonesia akan menghadapi era bonus demografi dalam beberapa tahun ke depan, tepatnya pada 2030 hingga 2045. Karena saat itu penduduk usia produktif mencapai hampir 70 persen, dari total jumlah penduduk Indonesia,” kata Primadi dari atas panggung, sesaat sebelum acara penyerahan beasiswa yang digelar di Marina Convention Centre, Semarang, Selasa (10/10/2023).

BACA JUGA: Bonte Holistik Nusantara Bakal Hadir di Lawang Sewu, Catat Tanggalnya!

Ditambahkan dia, Bakti Pendidikan Djarum Foundation melalui program Djarum Beasiswa Plus, senantiasa ingin mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu menguasai soft skills, serta memiliki nasionalisme yang kuat. Para Beswan Djarum juga dibekali wawasan kebangsaan melalui kegiatan Nation Building.

”Kami berharap, nantinya mereka mampu dan siap menghadapi berbagai tantangan dunia yang berubah begitu cepat, kompleks, dan tidak terprediksi,” imbuhnya.

Puncak kegiatan Nation Building itu, dipentaskan ‘Malam Dharma Puruhita’, dengan tema Tapak Jejak Nusantara, yang dibawakan para Beswan Djarum dalam format pertunjukan kolosal seni drama, tari, dan musik, yang dipoles pegiat kreatif profesional, seperti Ronald Soe dan Dennis Nussy.

BACA JUGA: Mengendarai Motor, Danrem Cheking TMMD di Jatisrono Wonogiri

”Kami sangat senang memiliki kesempatan untuk melakukan pementasan Tapak Jejak Nusantara ini. Kami juga belajar akan arti sebuah perjuangan, dan menghargai kebhinekaan di Indonesia,” ujar Fabian Hosea, salah satu Beswan Djarum dari Institut Teknologi Bandung ini.

Seperti diketahui, sejak 1984 Djarum Beasiswa Plus sudah memberikan dana beasiswa kepada lebih dari 12.880 mahasiswa berprestasi, di lebih dari 123 perguruan tinggi unggulan yang ada di Indonesia.

Tidak hanya fokus membangun bangsa lewat pemberian dana beasiswa, Bakti Pendidikan Djarum Foundation juga konsisten memberikan nilai tambah para Beswan Djarum, lewat berbagai pelatihan soft skills untuk membangun dan membentuk karakter serta wawasan kebangsaan.

Riyan