blank
Tim BJL Unika menjaga fisik dengan berlatih rutin di Stadion Citarum, Semarang. Foto: tmgp

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Rektor Soegijapranata Catholic University (SCU/Unika) Semarang, Dr Ferdinandus Hindiarto mengatakan, tim sepak bola BJL Unika pasang target juara, di ajang Piala Soeratin U17 Jawa Tengah 2023.

Hal itu seperti yang disampaikannya, saat hadir di sesi latihan tim BJL Unika di Stadion Citarum, Jumat (6/10/2023). Ferdinand hadir didampingi Owner BJL 2000 Semarang Suyatno, dan pelatih BJL Unika Katno.

Disampaikan juga, ada sebanyak 22 tim dari 50 tim sepak bola di Jateng, yang turut serta meramaikan ajang ini. BJL Unika sendiri berada di Grup E, bersama Persipa (Pati) dan Bina Sentra (Semarang).

BACA JUGA: Bacapres 2024 Ini Jadi Rebutan Pelaku UMKM di Pameran Inacraft

Tim BJL Unika adalah nama baru dari BJL 2000 Semarang. Tahun ini, BJL 2000 Semarang berkolaborasi dengan SCU/Unika Soegijapranata Semarang, dengan markas di Stadion Citarum, Semarang.

”SCU atau Unika, menjadi salah satu perguruan tinggi di Kota Semarang, yang aktif menjaring dan mewadahi bakat anak-anak remaja di bidang sepak bola. Pemain yang akan tampil di ajang Piala Soeratin U17 Jateng 2023 ini, sudah dibina pelatih Katno sejak tiga tahun lalu,” kata Ferdinand dalam keterangannya kepada sejumlah awak media.

Dia yakin, BJL Unika mampu bersaing dengan tim lain. Secara teknik para pemain juga sudah benar-benar siap. Karenanya, pihak manajemen tim memasang target juara.

BACA JUGA: Tim PkM USM Beri Pelatihan Design UI/UX Menggunakan Figma

Sedangkan Suyatno menambahkan, setelah melalui proses yang panjang, pihaknya dengan Rektor Unika, sepakat untuk berkolaborasi. Kerja sama ini kemudian diwujudkan dalam keikutsertaannya di ajang Piala Soeratin U17 Jateng 2023.

”Ternyata kita satu visi dan misi, untuk membangun anak-anak muda dalam tim sepak bola BJL Unika. Kemudian kita sepakat berkolaborasi,” terang Suyatno lagi.

Sementara itu, Pelatih BJL Unika, Katno menyampaikan, saat ini timnya diperkuat 24 pemain. Karena semua pemain masih bersatus pelajar SMA, training camp yang digelar di Kampus Unika Bendan, hanya dilakukan setiap akhir pekan, karena anak-anak libur sekolah.

BACA JUGA: Pejudo Wonogiri Bukukan Prestasi Gemilang di Kejurnas KASAD Cup Ke XIV

blank
Rektor Unika, Dr Ferdinandus (tengah), saat memberikan keterangan pers, didampingi Owner BJL 2000 Semarang Suyatno (kanan), dan pelatih BJL Unika, Katno (kiri). Foto: riyan

”Untuk target di ajang ini, kita akan upayakan sesuai dengan keinginan manajemen tim, juara. Meski lawan-lawan yang dihadapi tidaklah mudah, namun kami sedikit banyak sudah mengetahui kekuatan tim lawan,” ungkap dia.

Sesuai jadwal yang dirilis, BJL Unika akan turun berlaga perdana melawan Bina Sentra, di Stadion Wisesa, Mranggen, Kabupaten Demak, Sabtu (14/10/2023) mendatang.

Hasil Manager Meeting dan Workshop Piala Soeratin U17 Jateng 2023, yang digelar Asprov PSSI Jateng, di Hotel Candi Indah, Semarang, Minggu (17/9/2023) lalu, ajang sepak bola usia remaja ini dimulai pada Sabtu (7/10/2023), dan akan berakhir awal Desember mendatang dengan peserta 22 tim.

BACA JUGA: Inspektur Wilayah IV Itjen Kemenkumham Beri Penguatan di Lapas Purwokerto

Berdasarkan hasil drawing, 22 Tim akan terbagi dalam enam Grup. Nantinya, masing-masing juara dan runner up grup, akan lolos ke babak selanjutnya.

Hasil Drawing Piala Soeratin U17 Jawa Tengah 2023:
Grup A: Ebod Jaya Kebumen, ISP Purworejo, Satria Muda Ajibarang, Persibangga Purbalingga
Grup B: Universitas Surakarta FC, PSIK Klaten, Persiharjo Sukoharjo, AT Farmasi Surakarta
Grup C: Berlian Rajawali Semarang, Persab Brebes, Persip Pekalongan, Bintang Timur Kabupaten Pekalongan
Grup D: Persiku Kudus, Safin Pati FC, Hati Beriman FC Salatiga, Persipur Purwodadi
Grup E: Persipa Pati, Bina Sentra Semarang, BJL Unika
Grup F: PSIS Semarang, Bhayangkara Muda FC Semarang, PSIP Pemalang

Riyan