blank
Pejudo Wonogiri Elsamira Prianinda (kiri) menunjukkan medali perunggu perolehannya dengan didampingi Ayahnya, Sukam (kanan), warga Lingkungan Cubluk RT 1/RW 4 Giritirto, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri.(Dok.Si Be Budiyanto)

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Pejudo asal Kabupaten Wonogiri, Jateng, Elsamira Prianinda, berhasil membukukan prestasi gemilang di Kejurnas Judo KASAD Cup Ke 14 Tahun 2023 di Jakarta. Di hari pertama pertandingan, Sabtu (7/1), Siswi SMP Negeri 6 Wonogiri ini, berhasil meraih juara 3 tingkat nasional Nomor Cadet Kelas -52 Kilogram (Kg).

Mira (demikian panggilan akrab Elsamira Prianinda), dikenal sebagai putri dari Bapak Sukam, warga yang tinggal di Lingkungan Cubluk RT 1/RW 4, Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Pejudo Elasamira Prianinda, sehari-harinya rajin berlatih di Doyo Gajahmungkur, milik Ketua PJSI Wonogiri, Sutarto, yang merupakan mantan pejudo Jateng yang banyak membukukan prestasi. Yakni prestasi di tingkat nasional, maupun di event SEA Games.

Demikian dijelaskan Pelatih Judo Kabupaten Wonogiri, Si Be Budiyono, semalam, langsung dari Basket Hall Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. ”Wonogiri mengirim satu Cadet dan 4 pejudo senior, untuk memperkuat Kontingen Jateng,” jelasnya.

Si Be Budiyono, menjelaskan, di Kejurnas Judo Piala KASAD ini, empat pejudo senior Wonogiri berusaha mengincar tiket untuk melaju ke PON Ke XXI Bulan September Tahun 2024 mendatang. Event olahraga bergengsi di Tanah Air ini, rencananya akan digelar di Kualamanu Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

”Untuk jadwal pertandingan para pejudo senior, baru akan diagendakan mulai Hari Senin (9/10) besok,” jelas Pelatih Judo Wonogir Si Be Budiyono sembari memohon doa agar dapat meraih gelar juara.

Internasional

Kejurnas Judo piala KASAD Ke 14 Tahun 2023, digelar mulai Sabtu (7/10) kemarin sampai dengan Selasa (10/10) mendatang. Dibuka resmi oleh KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Sabtu (7/10), di Basket Hall Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Dalam sambutannya, KASAD, mengungkap, banyak manfaat yang bisa dipetik dari penyelenggaraan Kerjurnas Judo ini. Kejurnas Judi kali ini, tambah KASAD, juga menjadi ajang persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) Tahun 2024, dan Kejuaraan Dunia.

Dalam kesempatan tersebut, KASAD menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta, pelatih dan pengurus yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan kejuaraan ini. Harapannya, dari perhelatan yang digelar TNI-AD ini, akan lahir atlet-atlet nasional yang mampu menorehkan prestasi di tingkat Internasional.

Pembukaan Kejurnas Judo Piala KASAD Ke 14 Tahun 2023, dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, Wakasad Letnan Jenderal (Letjen) TNI Agus Subiyanto, Pangkostrad yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) Letjen TNI Maruli Simanjuntak.

Juga hadir Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Seluruh Indonesia Letjen TNI Richard Taruli Tampubolon, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan, Danjen Kopassus Mayor Jenderal TNI Deddy Suryadi, serta para pengurus PB PJSI.
Bambang Pur