blank
Tim PkM FTIK USM memberikan Pelatihan Design UI/UX (User Inter face / User Experience) Menggunakan Figma di Ruang Lab Komputer SMK Hidayah Jl. Karangrejo II A No.64, Serondol Wetan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, baru-baru ini.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim PkM FTIK USM memberikan Pelatihan Design UI/UX (User Inter face / User Experience) Menggunakan Figma di Ruang Lab Komputer SMK Hidayah Jl. Karangrejo II A No.64, Serondol Wetan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, baru-baru ini.

Kegiatan dihadiri Kepala SMK Hidayah, Fitri Mudawamah S.I., S.PD.

Kegiatan yang diikuti 16 guru SMK Hidayah tersebut dibiayai Universitas Semarang. Tim PkM USM terdiri atas Ketua, Mohammad Burhan Hanif, S.Kom., anggota Krida Pandu Gunata, S.Pd., M.Kom dan Khoirudin, S.Kom., M.Eng.

Menurut Hanif, pelatihan ini sangat diperlukan agar para guru SMK Hidayah mahir dalam membuat media pembelajaran yang dapat menarik siswa.

”Ketika siswa sudah tertarik pada mata pelajaran maka siswa akan mudah dalam menerima pelajaran dan mampu untuk menerapkan ilmu yang sudah dipelajarinya,” katanya.

Dia berharap, pelatihan ini mampu meningkatkan kemapuan guru dalam membuat media pembelajaran kekinian yang mudah, menarik, atraktif dan interaktif.

”Guru diberi kemampuan baru dalam hal pengetahuan software desain terbaru yaitu Figma yang biasa dimanfaatkan dalam membuat media pembelajaran,” ujarnya.

Dia menambahkan, metode pelatihan yang digunakan berupa ceramah, diskusi dan tanya jawab. Selain itu evaluasi kegiatan menggunakan kusioner berupa pretest dan postet.

Pretest bertujauan untuk mengetehui pengetahuan materi gambaran awal peserta sebelum diberikan pelatihan. Sedangkan posttes bertujuan untuk mengetahui pemahaman dan pengetahuan peserta setelah diberikan pelatihan.

”Pada forum diskusi dan tanya jawab para peserta pelatihan sangat antusia menjawab pertanyaan yang terkait dengan media pembelajaran menggunakan FIgma. Figma ini sebagai software desain yang dapat digunakn juga dalam media pembelajaran yang menarik karena online dan bisa diakses dimana saja dapat memudahkan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar,” tandasnya.

Muhaimin