blank
Ilustrasi air lemon yang kaya manfaat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Rasanya yang cenderung asam membuat lemon lebih sering dijadikan sebagai bahan tambahan masakan ataupun minuman. Meski rasanya kelewat asam, nyatanya manfaat lemon sangat banyak bagi kesehatan.

Namun, meminum air lemon berlebih juga tidak dianjurkan karena mungkin dapat menimbulkan efek samping. Untuk menghindari kemungkinan efek samping, pilihan terbaiknya adalah minum dalam jumlah sedang.

Jeruk lemon kaya akan asam sitrat, vitamin C, asam folat, vitamin B5, B3, B1, B2, dan vitamin E. Nutrisi ini bertanggung jawab atas beberapa manfaat kesehatan. Faktanya, jeruk lemon dapat mendukung kesehatan jantung, pengontrolan berat badan, dan kesehatan pencernaan.

Baca Juga: Cocok Untuk Diet Sehatmu, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Lemon

Waktu terbaik untuk minum air lemon adalah pagi hari. Hal itu diketahui sangat efektif dalam menghilangkan lemak pada perut. Saat bangun tidur, segera membuat air lemon untuk diet. Kemudian langsung dikonsumsi saat perut masih kosong.

Dilansir dari Suara.com, Untuk mendapatkan manfaat sehat lemon kamu bisa menambah perasan lemon ke dalam air hangat maupun air dingin.

Lalu, apa saja yang bisa kamu dapatkan jika rutin minum air lemon? Dikutip dari laman eatthis.com, beberapa khasiat lemon yang bisa kamu dapat akan diuraikan dalam poin-poin berikut ini.

Baca Juga: Memiliki Khasiat yang Besar Bagi Ginjal, Ini 5 Manfaat Lemongrass Bagi Kesehatan

1. Awet muda

Untuk mendapatkan kulit glowing dan awet muda sebenarnya gak perlu skincare mahal. Kamu bisa lakukan perawatan dari dalam, salah satunya dengan membiasakan minum air lemon.

Berdasarkan studi yang dimuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition, diketahui asupan vitamin C yang tinggi berhubungan dengan penurunan kemungkinan terjadinya kerutan serta kulit kering yang mana dua hal tadi merupakan faktor utama penyebab penuaan dini. Oleh sebab itu, sering-sering minum air lemon, ya.

2. Menurunkan tekanan darah

Seperti diketahui, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit menakutkan, seperti gagal ginjal, serangan jantung, maupun penyakit stroke. Berita baiknya, mengonsumsi perasan lemon ternyata bisa menurunkan risiko berbagai penyakit akibat tekanan darah tinggi.

Baca Juga: 8 Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan, Simak!

Hasil penelitian dalam Journal of Nutrition and Metabolism menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi setidaknya setengah lemon sehari, ditambah dengan berjalan sekitar 7.000 langkah bisa memperbaiki tingkat tekanan darah. Jadi, gak ada salahnya untuk selalu menstok lemon di rumah.

3. Bantu menurunkan berat badan

Salah satu permasalahan kesehatan yang sering dialami banyak orang, yaitu berat badan berlebih. Kondisi obesitas umumnya disebabkan kebiasaan makan banyak, sehingga susah sekali dikontrol.

Perlu diketahui, pektin, yakni senyawa yang biasa ditemukan pada kulit serta daging buah jeruk seperti lemon telah terbukti bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu jadi gak gampang lapar. Cocok untuk batu program diet!

Lemon termasuk sangat mudah diperoleh dan harganya pun terjangkau. Tak ada salahnya mulai dari sekarang bangun kebiasaan untuk minum air perasan lemon tiap hari. Manfaatnya menakjubkan!

Claudia