blank
Pohon cemara yang berjajar menjadikan kawasan Pantai Karang Jahe menjadi rindang dan sejuk. Ft: Widiyartono R.

REMBANG kaya akan potensi wisata. Wisata alam berupa pantai bisa ditemui dari perbatasan dengan Kabupaten Pati sampai perbatasan dengan Tuban di Jawa Timur.

Satu di antaranya adalah Pantai Karang Jahe terletak di Desa Punjulharjo, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi Pantai Karang Jahe berada di jalur pantura yang menghubungkan antara Rembang dengan Lasem.

Akses perjalanan menuju objek wisata Pantai Karang Jahe juga sangat mudah dengan keadaan jalan yang memadai dan bisa dilewati kendaraan sehingga pengunjung tak perlu risau. Asal–usul nama Karang Jahe berasal dari dua kata yakni karang dan jahe.

Konon, sebelum objek wisata tersebut dibuka, pantai dengan keunggulan pasir putih tersebut terdapat banyak terumbu karang yang sangat indah dengan warna putih ke abu–abuan yang mirip seperti bentuk jahe.

blank
Indahnya senja saat matahari hampir tenggelam di cakrawala di Pantai Karang Jaeh, Rembang. Foto: Anin

Pantai Karang Jahe mempunyai pesona yang sangat indah khususnya pada pagi hari saat matahari akan terbit dan sore hari saat matahari tenggelam. Hamparan pantai yang sangat panjang menambah keindahan tersendiri saat berkunjung ke Pantai Karang Jahe.

Pohon-pohon Cemara

Awalnya pantai tersebut hanyalah sebuah pantai dengan pasir putih. Namun, warga Desa Punjulharjo beserta Pemerintah Kabupaten Rembang berinisiatif menanam ribuan pohon cemara.

Akhirnya, pantai tersebut berhasil disulap menjadi pantai yang indah dan eksotis. Lokasi Pantai Karang Jahe juga tidak jauh dari pusat kota, hanya sekitar 7,5 kilometer. Jika kita dari arah barat (Pati atau Kudus) di dekat lokasi sudah ada panah penunjuk ke arah kiri (utara) sehingga tidak perlu takut terlewat.

Selain itu, ada juga petunjuk gapura yang bertuliskan Desa Punjulharjo serta sekolah SMK Umar Fatah Rembang.

Di area pintu masuk setelah belok kanan juga terdapat reklame “Selamat Datang di Objek Wisata Pantai Karang Jahe”. Pantai Karang Jahe merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya yang memang khas.

Untuk tiket masuk objek wisata Pantai Karang Jahe, para wisatawan tidak dikenakan biaya alias gratis. Hanya saja pengunjung akan dikenakan biaya parkir jika membawa kendaraan sendiri. Pengunjung hanya ditarik ongkos parkir kendaraan, untuk roda dua Rp 5.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat dikenai biaya Rp 15.000.

Penduduk lokal daerah Punjulharjo juga sangat ramah terhadap wisatawan lokal maupun asing.

Fasilitas Pantai Karang Jahe. Kondisi air laut Pantai Karang Jahe juga masih bersih, sehingga nyaman jika ingin mandi di pantai karena disediakan tempat untuk bilas.

Karena pasirnya bewarna putih, pengunjung juga dapat bermain pasir dengan membentuk istana pasir atau hanya sekedar iseng membuat tulisan di pasir.

Di pantai tersebut juga terdapat beberapa tempat persewaan ban sebagai pelampung yang disediakan jika pengunjung ingin berenang di Pantai Karang Jahe. Selain persewaan ban sebagai pelampung ada juga tersedia kendaraan ATV (all-terrain vehicle) dan juga mandi bola di laut.

blank
Naik ATV di Pantai Karang Jahe, sensasi yang tak terlupakan. Foto: R. Widiyartono

Di area pantai juga terdapat warung–warung penjual makanan yang menyediakan berbagai macam menu yang bervaratif. Beberapa titik pantai juga disediakan hiasan aesthetic instagramable yang dijadikan sebagai tempat untuk berfoto.

Area luar pantai terdapat toilet bersih dan juga musala. Mungkin dari sisi tersebutlah yang menjadikan Pantai Karang Jahe semakin banyak dikunjungi wisatawan. Wisatawan juga diharapkan dapat menjaga kebersihan area pantai agar pantai selalu bersih dan tidak tercemar.

Pemerintah Kabupaten Rembang serta warga daerah Punjulharjo juga turut manjaga kelestarian, kebersihan, kenyamanan, keestetikan Pantai Karang Jahe.

Aninda Eka Rahayu