Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah gelar penguatan kepada MPD Notaris Kota Salatiga. Foto: Dok/Humas

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah melakukan pembinaan dan penguatan kepada Majelis Pengawas Daerah (MPD) Notaris Kota Salatiga, Kamis (21/9/2023).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Nur Ichwan. Dalam arahannya, Kadiv Yankumham kembali menguatkan tentang peran dan fungsi MPD.

Ia berharap MPD mampu melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap Notaris secara konsisten di daerah.

Selain memberikan pengarahan, Kadiv Yankumham juga menyampaikan usulan calon pemegang protokol Notaris yang berperkara, serta usulan pemegang protokol Notaris yang telah meninggal dunia.

Di Salatiga, terdapat beberapa Notaris yang telah meninggal dunia tetapi belum ada usulan pemegang protokolnya, sehingga penyerahan dokumen akta Notaris terkendala.

Nur Ichwan yang didampingi Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Agustinus Yosi Setyawan dan Staf Sub Bidang Pelayanan AHU juga menyampaikan informasi terkait Notaris pengganti yang telah lolos seleksi Notaris dan akan dilakukan pelantikan Notaris pada bulan Oktober 2023.

Diharapkan sebelum dilantik sebagai Notaris, status sebagai Notaris pengganti harus diusulkan dengan Notaris pengganti yang baru. ‘Harus segera dilakukan pelantikan agar tidak terjadi kekosongan,” jelasnya.

Ketua MPD Kota Salatiga, Muhammad Fauzan pada kesempatan ini mengusulkan agar kedepannya protokol Notaris seluruh dokumen akta Notaris dapat dilakukan digitalisasi arsip. Karena banyaknya dokumen Notaris, sehingga memerlukan tempat yg luas.

Selanjutnya usulan tersebut akan disampaikan kepada Dirjen AHU agar kinerja MPD Kota Salatiga semakin optimal.

Ning S