blank
Ilustrasi asam sitrat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUABARU.ID)- Sitrun atau asam sitrat atau dikenal dengan nama citric acid merupakan senyawa asam alami yang terkandung dalam jeruk atau hasil fermentasi alami berbasis jamur, seperti Penicillium atau Aspergillus niger.

Sitrun merupakan bahan pembersih yang biasa dikenal sebagai asam sitrat atau citra acid, yakni senyawa yang terbuat dari hasil fermentasi alami jeruk, lemon, limau, atau limun. Sitrun dikenal efektif menghilangkan noda membandel, seperti karat, noda air, dan buih sabun.

Citrun sering digunakan sebagai penguat rasa asam pada makanan dan minuman kemasan. Selain menguatkan rasa, citrun juga biasa dimanfaatkan sebagai bahan pengawet makanan alami. Hal ini membantu menjaga makanan dan minuman kemasan tetap segar dalam waktu lama.

Baca Juga:Selain Dijadikan Tanaman Hias, Ini 5 Manfaat Tanaman Teratai Bagi Kesehatan

Senyawa ini tidak hanya memberikan rasa asam yang khas pada buah-buahan, tetapi juga memiliki berbagai manfaat yang penting dalam berbagai aspek kehidupan kita. Berikut adalah tujuh manfaat asam sitrat atau sitrun. Yuk, disimak ulasannya agar tidak penasaran.

1. Pengawet Makanan

Asam sitrat adalah pengawet alami yang umum digunakan dalam makanan dan minuman. Hal ini ternyata bisa membantu mempertahankan kesegaran makanan. Caranya yaitu dengan menghambat pertumbuhan mikroorganisme dan oksidasi lemak, yang dapat memperpanjang masa simpan produk makanan.

2. Produksi Farmasi

Asam sitrat juga digunakan dalam industri farmasi untuk membuat obat-obatan dan suplemen. Biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan tablet, sirup, atau kapsul obat, serta produksi vitamin C.

Baca Juga:Dibuang Sayang, Ini Dia Manfaat Kulit Jeruk Bisa

3. Kosmetik dan Perawatan Kulit

Asam sitrat adalah bahan yang umum digunakan dalam produk perawatan kulit dan kecantikan. Misalnya pada scrub wajah, peeling, dan masker untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, meratakan warna kulit, dan memberikan efek pencerah kulit.

4. Pembersih Rumah Tangga

Asam sitrat juga digunakan sebagai bahan dalam pembersih perabot rumah tangga. Asamnya yang kuat akan membantu menghilangkan noda, kerak, dan kotoran dari permukaan berbagai benda dan permukaan rumah.

5. Penyegar Ruangan

Asam sitrat juga digunakan sebagai bahan alami untuk penyegar udara. Campurkan dengan air dan beberapa tetes minyak esensial untuk membuat semprotan penyegar nan wangi dan menyegarkan ruangan.

Baca Juga: Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur, Ini 5 Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur

6. Penyembuhan Luka

Asam sitrat juga dimanfaatkan untuk merawat luka yang bisa membantu membersihkan luka dan mencegah infeksi, mempercepat proses penyembuhan, dan bisa mengurangi peradangan.

7. Pembersih Alat Masak

Asam sitrat juga digunakan untuk membersihkan peralatan masak, seperti panci dan ketel yang membantu menghilangkan kerak menempel pada permukaan logam, membuatnya bersih dan berkilau kembali.

Demikianlah sejumlah manfaat asam sitrat atau Sitrun berdasarkan sumber tulisan dari Lindsey DeSoto, RD, LD. What Is Citric Acid.bSynthetic citric acid is one of most common food additives in the world. Semoga bermanfaat!

Claudia