blank
Ilustrasi kulit ruam akibat alergi udang. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Alergi pada makanan merupakan alergi yang muncul sesudah mengonsumsi makanan tertentu. Makanan yang sering menimbulkan alergi (makanan alergenik) diantaranya udang, susu, telur, kedelai, ikan, kacang, kedelai, gandum, kerang, kepiting dan kelapa.

Alergi terjadi ketika seseorang mengalami paparan dari alergen yang dianggap berbahaya oleh tubuh, sehingga tubuh pun memproduksi antibodi. Setiap kali tubuh terpapar oleh alergen yang sama, produksi antibodi dapat meningkat, sehingga memicu keluarnya histamin yang mengakibatkan munculnya gejala alergi.

Reaksi tersebut dapat menimbulkan berbagai gejala, seperti pilek, ruam kulit yang gatal, atau bahkan sesak napas. Zat yang dapat memicu respons alergi disebut dengan alergen.

Baca Juga:Tips Jaga Kesehatan agar Tidak Dehidrasi ketika Musim Kemarau

Salah satu jenis alergi makanan yang umum adalah alergi udang. Udang adalah makanan lezat yang populer di seluruh dunia, tetapi bagi beberapa orang, konsumsi udang dapat menyebabkan reaksi alergi yang serius.

Dikutip dari laman Mayoclinic dan Everlywell, berikut adalah 5 gejala alergi udang yang wajib kamu ketahui.

1. Ruam Kulit

Salah satu gejala umum alergi udang adalah munculnya ruam kulit. Ruam ini bisa berupa gatal-gatal, merah, bengkak, atau bahkan berbentuk lepuh kecil. Ruam biasanya muncul dalam waktu singkat setelah mengonsumsi udang atau makanan yang mengandung udang.

Baca Juga: Tips Menyimpan Makanan dari Serangan Semut

2. Gangguan Pencernaan

Pada beberapa kasus, konsumsi udang bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti mual, muntah, diare, atau sakit perut. Gejala ini mungkin muncul beberapa saat setelah mengonsumsi udang dan bisa berlangsung selama beberapa jam hingga beberapa hari.

3. Sesak Napas

Sesak napas atau sulit bernapas adalah gejala serius yang bisa terjadi sebagai respons terhadap alergi udang. Ini bisa menjadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang merespons dengan cara yang lebih serius terhadap protein udang yang masuk ke dalam tubuh.

4. Pembengkakan Wajah dan Bibir

Jika kamu mengalami pembengkakan pada wajah, bibir, atau area sekitar mata setelah mengonsumsi udang, ini bisa menjadi tanda reaksi alergi. Pembengkakan bisa terjadi dengan cepat dan memerlukan perhatian medis segera.

Baca Juga: Jangan Sering Dipencet! Ini Lima Tips Mengatasi Jerawat Saat Menstruasi

5. Syok Anafilaksis

Syok anafilaksis adalah reaksi alergi yang sangat serius dan mengancam jiwa. Gejala ini termasuk mengalami pusing, pingsan, detak jantung yang cepat, tekanan darah rendah, dan sulit bernapas.

Jika seseorang mengalami gejala syok anafilaksis setelah mengonsumsi udang, segera cari bantuan medis darurat, karena kondisi ini bisa berakibat fatal jika tidak diobati dengan cepat.

Tingkat keparahan gejala alergi udang bisa bervariasi dari orang ke orang. Beberapa orang mungkin hanya mengalami gejala ringan, sementara yang lain bisa mengalami reaksi yang sangat serius.

Jika kamu memiliki riwayat alergi atau merasa memiliki gejala yang mencurigakan setelah mengonsumsi udang, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Claudia