blank
Ilustrasi orang terkena ISPA. Foto: Dok/Halodoc

SEMARANG (SUARABARU.ID) – ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) adalah kondisi yang menimbulkan peradangan pada saluran pernapasan, termasuk hidung hingga paru-paru.

Pada umumnya, penyakit ini disebabkan oleh serangan virus. ISPA bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus. Meski demikian, ISPA harus ditangani dengan cepat. Sebab, kondisi ini bisa memicu rasa tidak nyaman bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Dilansir dari Halodoc.com, kondisi ini terjadi karena ada infeksi di saluran pernapasan yang ditandai dengan gejala batuk, pilek, hingga demam. Penyakit ini bisa dengan sangat mudah menular, terutama pada anak-anak dan lansia.

Penting untuk mengetahui tindakan yang bisa dilakukan dalam membantu mengatasi ISPA, supaya gejala penyakit bisa ditangani sebelum menjadi lebih buruk dan risiko penularan virus penyebab infeksi bisa dihindari.

Cara mengatasi gejala ISPA

ISPA adalah kondisi yang menimbulkan peradangan pada saluaran pernapasan, termasuk hidung hingga paru-paru. Pada umumnya penyakit ini disebabkan oleh serangan virus. ISPA bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus.

Namun, kamu harus mengetahui cara mengatasi ISPA agar gejalanya bisa mereda dan penularan virus ke orang sekitar bisa dihindari. Bagaimana caranya?

1. Perbanyak istirahat, sehingga tubuh bisa dengan cepat memulihkan dan melawan infeksi.
2. Banyak konsumsi air putih, hal ini penting dilakukan untuk membantu mengencerkan dahak. sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.
3. Selain air putih, coba konsumsi air hangat yang sudah ditambahkan perasan lemon dan madu.
4. Berkumur dengan air hangat yang ditambahkan garam. Campuran ini bisa membantu meredakan gejala sakit tenggorokan pada ISPA.
5. Terapi uap di rumah, yaitu dengan menghirup uap dari semangkuk air panas. Campurkan beberapa tetes minyak kayu putih untuk membantu meredakan hidung tersumbat.
6. Konsumsi obat jika diperlukan, tapi pastikan untuk terlebih dahulu membicarakannya dengan dokter.
7. Lakukan tindakan pencegahan. Hal ini penting agar ISPA bisa segera sembuh dan tidak berkembang menjadi lebih parah.

Ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan agar ISPA tidak berkembang menjadi lebih parah, Simak!

1. Selalu mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, terutama setelah beraktivitas di luar rumah.
2. Cegah penularan virus dengan menghindari menyentuh wajah, terutama mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan.
3. Perbanyak konsumsi makanan yang bergizi sehat, terutama vitamin. Makanan ini bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
4. Rutin melakukan aktivitas fisik, terutama olahraga.
5. Berhenti merokok.
6. Lakukan vaksinasi. Hal ini penting dilakukan untuk membantu mencegah infeksi yang bisa menjadi pemicu penyakit. Beberapa jenis vaksin yang bisa dilakukan adalah vaksin MMR, influenza, dan pneumonia.

Jika gejala ISPA tidak membaik atau malah semakin buruk, sebaiknya segera periksakan ke rumah sakit. Hal ini penting untuk membantu mendeteksi penyebab penyakit dan mengetahui pertolongan medis yang sesuai.

Ning S