blank
Wakil Rektor III USM Dr Muhammad Junaidi SHI MH foto bersama seusai membuka Pelatihan Konseling pada 9 September 2023 di Gedung Prof Ir. Joetata.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– UKM Pilus USM mengadakan pelatihan konseling bagi anggotanya pada 9 September 2023 di Gedung Prof Ir. Joetata.

Kegiatan yang dibuka Wakil Rektor III USM, Dr. Junaedi SHI, MH itu diikuti 50 peserta.

Junaidi berharap, pelatihan ini bisa menjadikan anggota UKM Pilus semakin berkembang dan memberikan kontribusi pada kaum muda.

”Pada era digital dan medsos ini akan semakin banyak permasalahan yang muncul di kalangan anak muda,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Pembina UKM Pilus USM, Anna Dian Savitri, S.Psi.M.Si,Psikolog. Dia berharap, anggota UKM Pilus semakin bertambah keterampilannya dalam mengelola permasalahan yang muncul terkait brokenhome dan brokenness sehingga dapat berperan aktif membantu teman-temannya.

Sementara itu, pemateri Sri Widyawati S.Psi,M.Si, Psikolog mengatakan, broken home adalah pecahnya suatu unit keluarga, terputus atau retaknya struktur peran sosial jika salah satu ada beberapa peran tidak dijalankan dengan sesuai.

Brokenhome bisa membawa dampak secara fisik dan psikis, sehingga bisa menimbulkan brokenness.

”Brokenness adalah kehancuran, luka emosional yang kuat sehingga berdampak langsung pada kondisi psikologis.
Yang diperlukan untuk bisa melakukan perbaikan adalah melakukan perubahan sikap terhadap diri dan hidup dengan cara mendekat ke Tuhan, berpikir positif, saling berbagi dan mencari kegiatan positif,” jelasnya.

Ketua UKM Pilus, Oktavia Nurismawati mengatakan, pelatihan konseling tersebut salah satu agenda kegiatan musker yang rutin diadakan setiap tahun. Oktavia berharap, setelah mengikuti kegiatan ini anggota UKM Pilus bisa lebih memberikan manfaat positif bagi orang lain, khususnya di lingkungan kampus USM.

Muhaimin