blank
Rektor USM Dr Supari ST MT (kiri) menandatangani naskah Perjanjian Kerja Sama dengan Universitas Bangka Belitung (UBB). (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Universitas Semarang (USM) dan Universitas Bangka Belitung (UBB) menjalin kerja sama di bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pengajaran.

Naskah Perjanjian Kerjasama ditandangani Rektor USM Dr Supari ST MT dan Rektor UBB yang diwakili Dekan Fakultas Hukum UBB Dr Derita Prapti Rahayu SH MH di Ruang Teleconference Lt 8 Menara USM pada 9 September 2023.

Kegiatan itu dihadiri Wakil Rektor I USM Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP, Wakil Rektor II USM Dr Titin Winarti SKom MM, Wakil Rektor III USM Dr Muhammad Junaidi SHI MH, Direktur Pascasarjana USM Dr Indarto SE MSi, Kaprogdi Magister Hukum USM Dr Drs H Kukuh Sudarmanto SSos SH MM MH, Kaprogdi Magister Hukum UBB Dr Faisal SH MH dan Rektor UBB Prof Dr Ibrahim SFil MSi secara daring.

Rektor USM, Dr Supari mengatakan, pihaknya mengapresiasi pihak UBB karena telah memilih USM untuk bekerja sama.

”Semoga akan terjadi sinergi dalam kerja sama bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kami berharap, hubungan yang terjalin ini akan semakin erat,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan adanya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) akan semakin mendukung program yang akan dilaksanakan.

”Dengan program MBKM, semakin terbuka lebar peluang untuk saling mengenal dari wilayah ke wilayah dan saling menguatkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor UBB Prof Dr Ibrahim mengatakan, pihaknya berterima kasih, karena USM bersedia berkolaborasi dengan UBB.

”Di waktu mendatang, kami akan berkunjung USM dan belajar banyak mengenai penguatan kelembagaan universitas karena saat ini tidak ada kompetisi tetapi harus berkolaborasi dan bersinergi,” ungkapnya.

Dia berharap, melalui kerja sama ini dapat saling bertukar sumber daya untuk waktu ke depan.

”Kami sangat terbuka dengan adanya kerja sama ini. Bagi kami, saling memperkuat adalah sebuah kebutuhan. Baik itu dalam keilmuan, pengolahan jurnal, penguatan kelembagaan maupun update dan tukar pikiran mengenai MBKM,” pungkasnya.

Dia menambahkan, pihaknya menunggu kedatangan USM berkunjung ke UBB. ”Kami sangat senang telah menambah mitra sehingga diharapkan dapat sejajar dengan perguruan tinggi yang ada di Jawa, serta tentunya kami akan menindaklanjuti hal ini,” imbuhnya.

Diujung sambutannya, Rektor UBB memberikan pantun ”Jalan-jalan ke pulau Bangka, mampir sebentar ke Batu Nusa, UBB-USM sekarang bermitra, berkarya bersama membangun bangsa,” tuturnya.

Muhaimin