blank
Ganjar menerima cinderamata dari Kadin Indonesia, usai membuka Rakernas Kadin Indonesia Bidang Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, dan Infrastruktur, di Hotel Tentrem, Semarang, Kamis (31/8/2023). Foto: hms

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Guna membangun infrastruktur hijau Indonesia di masa depan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) terampil, melalui sekolah vokasi.

Gubernur Jateng dua periode ini menyampaikan hal itu, dalam Rakernas Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Bidang Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, dan Infrastruktur, di Hotel Tentrem, Semarang, Kamis (31/8/2023).

”Kita proyeksikan apa nanti yang kurang. Hipotesisnya satu, SDM kita. Maka SDM kita inilah yang mesti kita dorong,” katanya.

BACA JUGA: 34 Mahasiswa Jateng Magang ke Ceko, Gajinya Bikin Ngiler

Yang dilakukan Ganjar untuk meningkatkan kualitas SDM, di antaranya mendirikan SMKN Jateng. Sekolah itu mengusung model boarding school, dengan menggratiskan biaya sekolah, makan, dan mess, untuk siswa dari keluarga tidak mampu.

Saat ini, sudah bediri tiga SMKN Jateng, yakni di Semarang, Pati, dan Purbalingga. Semua sekolah itu dilengkapi fasilitas penunjang belajar, kesempatan beasiswa luar negeri, dan kerja sama industri penyerap tenaga kerja.

SDM yang lahir dari SMKN Jateng ini, diproyeksikan Ganjar sebagai generasi pembangun infrastruktur hijau di masa depan. Sehingga, roda perekonomian yang 10 tahun dibangun Presiden RI, Joko Widodo, bisa dilanjutkan.

BACA JUGA: Bawaslu Grobogan Sampaikan Syarat dan Prinsip Memilih dalam Pemilu 2024

”SDM sekarang mesti kita genjot, sehingga yang memelihara dan mengembangkan infrastruktur ke depan termasuk yang orientasi pada teknologi ramah lingkungan, Insya Allah bisa kita dapatkan,” jelas Ganjar.

Disampaikan juga, SDM di Indonesia akan semakin gencar menggerakan infrastruktur hijau, apabila SMKN Jateng direplikasi ke seluruh provinsi di Indonesia. Apalagi kurikulumnya telah disesuaikan dengan kebutuhan industri penggerak ekonomi hijau.

”Maka kalau desain itu dari awal bisa kita lakukan dengan baik, maka SMK itu menjadi on the job training dalam waktu panjang, tiga tahun. Dan ketika lulus, pasti terserap,” ujarnya.

BACA JUGA: Kapolres Wonogiri Lakukan Ujicoba Lintasan Praktik Ujian SIM

blank
Sejumlah peserta Rakernas Kadin Indonesia Bidang Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, dan Infrastruktur, berebut untuk bisa melakukan swafoto bersama Ganjar Pranowo. Foto: hms

Ketua PP Kagama itu berharap, infrastruktur hijau di masa depan dapat terus dikembangkan. Agar Indonesia semakin hebat dan sejajar dengan negara-negara maju di dunia.

”Nanti infrastrukturnya pun diarahkan pada green technology. Ini menurut saya adalah sesuatu yang responsif dan peka terhadap kondisi lingkungan,” pungkasnya.

Selain tiga SMKN Jateng, Ganjar juga menyiapkan 15 sekolah vokasi semi boarding serupa SMKN Jateng, untuk menciptakan SDM pembangun infrastruktur hijau. Ke-15 sekolah itu antara lain SMKN 1 Demak, SMKN 2 Rembang, SMKN 1 Wirosari Grobogan, dan SMKN 1 Jepon Blora, SMKN 1 Tulung Klaten.

BACA JUGA: Tugu Pusaka Sambernyawa Ditandai Sangkalan ‘Rakseksa Hamajari Guwa Sela’

Kemudian SMKN 1 Kedawung Sragen, SMKN 2 Wonogiri, SMKN 1 Purworejo, SMKN 2 Wonosobo, SMKN 1 Punggelan Banjarnegara, SMKN 1 Alian Kebumen, SMKN 2 Cilacap, SMKN 1 Kalibagor Banyumas, SMKN 1 Tonjong Brebes, dan SMKN 1 Randudongkal Pemalang.

Ganjar juga sedang memperbanyak jumlah SMK di remote area, yang belum memiliki sekolah negeri di 17 kecamatan se-Jateng. Di antaranya Kecamatan Pagentan, Kecamatan Tawangmangu, Dusun Rahtawu Kecamatan Gebog, Kecamatan Kemalang, Kecamatan Pancur, Kecamatan Karangtengah, Kecamatan Batuwarno, Kecamatan Poncowarno dan Kecamatan Tlogomulyo.

Kemudian di Kecamatan Bejen, Kecamatan Gladagsari, Kecamatan Kalikotes, Kecamatan Tamansari, Kecamatan Ngaringan, Kecamatan Madukara, Kecamatan Kebonarum, serta Kecamatan Wonosamodro.

Riyan