blank
ilustrasi kulit udang. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Udang termasuk dalam kelompok hewan Crustacea atau udang-udangan, yang mana salah satu cirinya adalah bagian kepala dan dada menyatu. Udang merupakan hewan kecil yang tidak memiliki tulang belakang (invertebrata) yang tempat hidupnya adalah di dasar lautan atau danau. Jenis udang ada lebih dari 2000 spesies dan umumnya besar tubuhnya berkisar antara 2 cm sampai 23 cm, dari anatominya udang memiliki 10 pasang kaki dan 2 antena sensor.

Dengan besarnya jumlah tersebut, umumnya banyak limbah dari udang yang akan dihasilkan. Salah satu limbah udang yang paling umum adalah bagian kulit, kepala ataupun ekor. Ternyata limbah kulit udang memiliki beberapa manfaat lain yang dapat dipergunakan apabila diolah.

Kulit udang mengandung glukosamin yang dapat diolah menjadi suplemen makanan untuk mengurangi resiko osteoartritis. Glukosamin hidroklorida bisa diproduksi dari kitin cangkang udang dengan metode hidrolisis kimiawi.

Baca Juga:Selain Menjaga Kesehatan Jantung, Yuk Simak Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Kulit udang juga memiliki berbagai nutrisi yang baik, seperti protein, kalsium, zat besi, zinc, vitamin B12, dan banyak lagi. Ditambah lagi, mengonsumsi kulit udang juga telah dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol darah.

Kulit dan kepala udang ternyata banyak diolah menjadi kaldu yang sangat enak. Di Thailand, kaldu udang ini biasanya digunakan untuk tom yam sampai aneka sup ikan atau olahan ikan berkuah. Berikut merupakan 3 manfaat limbang dari kulit udang.

1. Sebagai Pestisida Alami

Kulit udang ternyata dapat digunakan sebagai bahan pestisida alami yang ramah lingkungan. Melansir dari situs ugm.ac.id, cangkang atau kulit udang mengandung sebuah senyawa yang dikenal dengan nama chitin atau kitin. Senyawa ini juga dapat ditemukan pada kulit atau cangkang kepiting atau lobster. Cara kerja dari bahan tersebut adalah dengan melapisi tanaman agar menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat merusak tanaman.

Baca Juga: Dapat Menjaga Kesehatan Mata, 4 Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur

Banyak lembaga atau instansi terkait yang mulai mengolah kulit udang sebagai bahan pestisida alami tersebut. Umumnya pestisida dari bahan kulit udang ini akan berbentuk cair seperti pestisida pada umumnya. Akan tetapi, dikarenakan terbuat dari bahan alami, maka pestisida dari kulit udang ini aman apabila diserap oleh tanah ataupun mendapatkan kontak dari manusia.

2. Digunakan Sebagai Bahan Pupuk

Selain dapat digunakan sebagai bahan pestisida, limbah kulit udang juga dapat digunakan sebagai bahan pupuk alami. Melansir dari artikel dalam “Jurnal Teknik Lingkungan”, kulit udang memiliki kandungan protein 20-40%, kalsium karbonat sekitar 45% dan senyawa kitin sekitar 20%. Selain itu, limbah kulit udang juga memiliki beberapa kandungan lain yang dapat digunakan untuk pembuatan pupuk alami.

Pembuatan pupuk ini hampir sama seperti pengolahan pupuk alami dari kompos atau pupuk kandang pada umumnya. Penggunaan pupuk ini tentunya akan mengurangi ketergantungan terhadap pupuk anorganik atau buatan dan dapat lebih ramah lingkungan.

Baca Juga: Jadi Buah Kesukaan Mark NCT, Yuk Intip Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

3. Diganakan Sebagai Obat Kolestrol

Senyawa chitin atau kitin dalam udang memang dikenal sebagai senyawa yang memiliki beragam manfaat. Melansir dari situs klikdokter.com, kulit udah memiliki beragam nutrisi seperti protein, kalsium zat besi, zinc, vitamin B12 dan beberapa nutrisi lainnya yang baik bagi tubuh. Melansir dari artikel dalam jurnal “Clinical and Experimental Pharmacology and Physiology”, mengemukakan bahwa kulit udang dapat dimanfaatkan sebagai penawar atau penurun risiko kolestrol.

Senyawa kitin yang diolah menjadi chitosan yang terdapat dalam kulit udang dapat meningkatkan produksi kolestrol baik dan menekan pertumbuhan kolestrol jahat. Meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut sebagai obat, akan tetapi dengan mengonsumsi udang beserta kulitnya secara teratur dan terukur memiliki kemungkinan untuk menurunkan kadar kolestrol dalam darah.

Nah, itulah beberapa manfaat dari limbah kulit udang yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia