blank
ilustrasi seorang wanita menggunakan tan slig bag. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sling bag atau yang biasa dikenal dengan tas selempang ini memiliki tali yang cukup panjang dengan ukuran bervariasi. Biasanya, tas ini digunakan dengan cara menggantungkan talinya ke salah satu bahu dan meletakkan bagian tas ke sisi tubuh berbeda, sehingga bisa dibawa dengan nyaman dan praktis.

Sling bag sering digunakan ketika kita ingin jalan-jalan, hangout bersama teman, atau bahkan cocok untuk pergi bekerja. Bisa dibilang sling bag merupakan salah satu tas serbaguna. Tidak heran banyak masyarakat yang akhirnya memilih untuk menggunakan sling bag daripada jenis tas lainnya.

Sling bag atau tas selempang merupakan tas yang praktis dan serbaguna yang sangat populer digunakan oleh anak-anak muda. Namun, seperti barang pada umumnya, perawatan yang tepat diperlukan agar sling bag tetap awet dan tidak mudah rusak.

Untuk itu, kamu bisa mengikuti 4 tips di bawah ini agar tas kesayanganmu kamu tidak mudah rusak.

1. Hindari overloading

Hindari mengisi sling bag dengan barang-barang yang berat melebihi kapasitas maksimumnya. Overloading dapat menyebabkan tegangan berlebih pada tali dan jahitan. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada sling bag secara keseluruhan.

Selain itu, tas selempang yang terlalu banyak isinya akan membuat penampilannya kurang menarik dan nggak nyaman digunakan. Jadi, isilah muatan yang sewajarnya saja.

2. Perhatikan kondisi sling bag, segera perbaiki jika ada kerusakan

Periksa secara berkala kondisi tali dan kaitan sling bag. Pastikan tali tidak mengalami sobekan atau retakan, dan pastikan kaitannya tetap kuat.

Jika kamu menemukan masalah pada tali atau kaitan, segera perbaiki atau ganti untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Selain itu, bagian ritsleting juga cukup rentan mengalami kerusakan.

3. Jaga kebersihan secara teratur

Membersihkan sling bag secara teratur adalah kunci untuk menjaga tampilan dan kualitasnya tetap terjaga. Gunakan sikat lembut atau kain lembut yang dibasahi dengan air hangat untuk membersihkan permukaan sling bag dari debu, kotoran, atau noda ringan. Jika ada noda yang membandel, kamu bisa menggunakan deterjen untuk membantu menghilangkannya.

Jika sling bag kamu terbuat dari bahan yang dapat dicuci, lebih baik cuci secara manual menggunakan air hangat dan deterjen. Hindari mencuci sling bag dalam mesin cuci karena proses tersebut dapat merusak bahan dan jahitan.

4. Gunakan dengan bijak dan simpan dengan baik jika tidak digunakan

Hal yang tak kalah penting agar sling bag kamu awet adalah dengan menggunakan sling bag secara bijak. Pada saat sling bag tidak digunakan, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang tepat.

Jauhkan dari sinar matahari langsung dan kelembapan yang berlebih, karena dapat menyebabkan perubahan warna atau bahkan kerusakan bahan.

Demikianlah 4 tips merawat sling bag agar tahan lama, semoga bermanfaat.

Claudia