blank
Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin menanam pohon penghijauan di bukit Desa Karanggayam, Kecamatan Karanggayam, Rabu 23/8.(Foto:SB/Humas Polres Kbm)

KEBUMEN  (SUARABARU.ID) – Polres Kebumen melakukan program penghijauan sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian alam.

Gerakan peduli alam itu diwujudkan Polres Kebumen dengan menanam sebanyak 1.000 pohon dalam kegiatan Polri Lestarikan Negeri melalui Penghijauan Sejak Dini.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin memimpin kegiatan penanaman di bukit Puranggga Park di Desa Karanggayam, Kecamatan Karanggayam, Rabu (23/8), mengungkapkan, agar tercipta lingkungan yang semakin sehat dengan adanya penghijauan.

“Mari kita melakukan penghijauan sejak dini sehingga negeri kita hijau, ke depan generasi yang akan datang akan bisa tetap merasakan alam kita yang masih bersih, alami, dan udaranya segar,”jelas AKBP Burhanuddin.

blank
Kapolres AKBP Burhanuddin dan Pejabat utama Polres Kebumen pada kegiatani Lestarikan Negeri melalui Penghijauan Sejak Dini, Rabu 23/8.(Foto:SB/Humas Polres Kbm).

Turut hadir dalam kegiatan penanaman, Pejabat utama Polres Kebumen, Bhayangkari, Muspika Kecamatan Karanggayam, termasuk Kapolsek Karanggayam Iptu Sri Eningsih beserta personel.

Kegiatan Polri Peduli Penghijauan ini merupakan gagasan dari Kapolri dan dilaksanakan di seluruh Indonesia. Program tersebut sebagai wujud kepedulian Polri terhadap lingkungan hidup yang harus dirawat dan dijaga kelestariannya, agar bisa dimanfaatkan oleh banyak orang kedepannya.

Mengenakan pita Merah Putih, Kapolres AKBP Burhanuddin langsung menanam pohon di bukit tersebut, lalu diikuti peserta lain.

Kapolres menyatakan, 1.000 pohon yang ditanam merupakan  berbagai jeni,  sperti trembesi, akasia, kesambi dan tanaman buah-buahan. Penanaman pohon ini juga bekerja sama dengan Perhutani Kedu Selatan. Selain di Karanggayam, penanaman pohon juga dilakukan di tiap-tiap Polsek se Kebumen.

Administratur Perhutani Kedu Selatan, Usep Rustandi mengatakan, bibit pohon yang ditanam diktategorikan sebagai Multi Purpose Tree Species (MPTS) yaitu tanaman kekayuan yang bersifat multiguna. Tanaman ini bermanfaat dari segi ekologi maupun ekonomi sehingga selain berfungsi untuk buah-buahan juga sebagai tanaman kehutanan.

“Jadi mari kita semangat, kita hijaukan bumi ini untuk negeri yang lestari,”ungkap Usep.

Camat Karanggayam Wahib Tamam menyampaikan terima kasih kepada jajaran Polres Kebumen yang telah peduli dengan kelestarian lingkungan khususnya di wilayah Kecamatan Karanggayam.Penanaman itu diharapakan akan bermanfaat bagi masyarakat Karanggayam kedepannya.

“Terimakasih, tentunya ini menjadi kenang-kenangan tersendiri bagi masyarakat, tanaman yang kita tanam hari ini semoga bisa bermaanfaat bagi masyarkat Karanggayam di kemudian hari,”ujar camat.

Komper Wardopo