blank
Anggota Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah D Budi Tjahyono atau biasa disapa Mas BT, memberikan paparan dalam Sosialisasi Penyelenggaraan Jalan Provinsi Tahun 2023, di Balai Kelurahan Wonotingal, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Selasa (22/8/2023). Foto : Dok Absa 

SEMARANG (SUARABARU.ID) – DPRD Provinsi Jawa Tengah melakukan sosialiasi tentang Penyelenggaraan Jalan Provinsi Tahun 2023, untuk pemberdayaan masyarakat dalam memahami kelas-kelas jalan di Jawa Tengah, di Balai Kelurahan Wonotingal, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Selasa (22/8/2023).

Sosialisasi merupakan kerja sama dengan Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Semarang Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah dan dihadiri sejumlah warga.

“Jadi jalan itu dibagi menjadi beberapa kelas. Yaitu jalan Kabupaten atau Kota, lalu jalan provinsi dan jalan nasional. Ada yang tahu, jalan (kelas) Provinsi Jawa Tengah yang di Semarang itu di mana?” papar Danny Budi Tjahyono anggota Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah sekaligus memberikan pertanyaan kepada peserta sosialisasi.

Karena tidak ada yang bisa menjawab, dijelaskan kembali oleh anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah dari Dapil 1 Kota Semarang itu, bahwa contoh Jalan Provinsi yang ada di Kota Semarang itu adalah jalan raya Cangkiran, Gunungpati ke Jalan raya Boja Kabupaten Kendal. Kemudian Jalan Majapahit menuju Mranggen, Kabupaten Demak terus menuju wilayah Kabupaten Grobogan.

Pada kesempatan itu, D Budi Tjahyono juga memaparkan tentang bidang kerja yang diampu oleh Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah, yaitu tentang urusan kesejahteraan rakyat, dengan ruang lingkup meliputi Pendidikan, Kesehatan, Sosial, Tenaga Kerja, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kepemudaan dan Olahraga, Kebudayaan, Transmigrasi, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana serta Agama.

“Bidang Pembangunan itu meliputi bina marga, cipta karya, permukinan dan tata ruang, perumahan rakyat, pengelolaan sumber daya air, perhubungan, pertambangan, energi dan sumber daya mineral dan lingkungan hidup,” papar Mas BT sapaan akrabnya.

Sub Koordinator Wilayah 1 Api D. Prasetiyaji, mewakili Kepala Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Semarang Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah mengaku, bahwa sosialisasi yang sudah terlaksana itu sangat membantu pihaknya, untuk menampung aspirasi dan usulan dari masyarakat.

“Sosialisasi ini sangat membantu penyelenggara jalan (DPU Bina Marga), karena dengan sosialisasi ini mendapat masukan informasi dari masyarakat terkait pengelolaan jalan. Baik dari segi perencanaan, pemeliharaan dan perbaikan jalan provinsi,” jelasnya usai Sosialisasi Penyelenggaraan Jalan Provinsi Tahun 2023, di Balai Kelurahan Wonotingal, Kecamatan Candisari, Kota Semarang.

Absa