JEPARA (SUARABARU.ID)- Warga RW 1 Dukuh Singgahan, Desa Bringin, Kecamatan Batealit memadati lapangan setempat untuk dapat layanan pengobatan gratis. Program ini dihadirkan dalam momen perayaan HUT Ke-78 RI, Minggu (20/8/2023) pagi.

Layanan kesehatan gratis itu menggandeng paramedis asal warga RW 1. Seperti Diana Nurhayati nakes Puskesmas Mlonggo, Zainuddin Afif nakes RSI Sultan Hadlirin Jepara, dan seorang petugas obat.

Pengobatan gratis bagi warga

Para nakes tersebut mengaku senang bisa ikut terlibat pada momen perayaan HUT kemerdekaan. Afif, salah satunya. Dia mengaku sangat terpanggil untuk berpartisipasi. Memberikan layanan medis secara cuma-cuma bagi masyarakat di lingkungannya. “Sangat senang bisa bermanfaat, terlebih dalam menyemarakkan perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia,” akunya.

Pelayanan kesehatan yang dihadirkan kala itu merupakan layanan dasar. Seperti pemeriksaan luar mulai cek tekanan darah hingga konsultasi medis.

Program tersebut disambut antusiasme warga untuk memeriksakan diri. Tanzib (61) warga RT 2/ RT 1 Desa Bringin salah satunya. Ia mengaku senang dapat pengobatan gratis. “Tadi cek tensi dan diberi saran dalam menjaga kesehatan,” kata dia.

Sementara itu, Abidin Ketua RW 1, mengapresiasi atas dukungan layanan medis dalam momen perayaan kemerdekaan. Harapannya dapat tumbuh kesadaran warga agar rutin cek kesehatan. “Misal ada penyakit bisa terdeteksi dini, sehingga cepat dalam proses penyembuhannya,” ujarnya.

Fasilitas pengobatan gratis kala itu merangkai sejumlah kegiatan semarak kemerdekaan. Diawali dengan jalan sehat, senam, lomba-lomba. Ada pula bazar UMKM, pentas hiburan musik, dan ditutup pengajian pada malam harinya.
Hadepe – Yayan