blank
PASKIBRAKA - Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin SH MH saat mengukuhkan 35 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Brebes. (Foto: Istimewa)

BREBES (SUARABARU.ID) – Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin SH MH mengukuhkan 35 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Brebes, terdiri dari 18 putri dan 17 putra terpilih yang akan bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera pada Upacara 17 Agustus esok, di Pendopo Brebes, Selasa (15/8/23).

“Bendera yang adik-adik cium tadi adalah bendera yang harum, akan lebih harum lagi jika kalian sukses melaksanakan amanah saat upacara nanti,” ucapnya.

Kata Urip, ini momen bersejarah bagi Paskibraka, dia minta laksanakanlah amanah ini penuh dengan kehormatan. Terlebih mereka telah dilatih dan ditempa. “Sebagai Paskibraka perhatikan kebersamaan dan kegotongroyongan, kedua hal itu adalah kunci dalam membangun negeri, khusunya Kabupaten Brebes kita tercinta,” serunya.

Urip menuturkan, ini awal perjuangan bagi Paskibraka yang harus dilanjutkan sebagaimana esensi peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Sehingga terbentuk jiwa patriotisme serta kepemimpinan guna menatap masa depan.

“Ingatlah kalian adalah elemen penting dalam masyarakat, sikap yang kalian tunjukan dalam lingkungan masyarakat akan sangat berpengaruh dalam kehidupan,” terangnya.

Urip berpesan untuk tanankam dalam hati sikap rela berkorban demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, harumkan nama keluarga, masyarakat, daerah, bangsa dan negara serta berusahalah menjadi teladan yang baik bagi umat di mana pun berada.

“Saya titipkan Sang Saka Merah Putih ini kepada adik adik, sekali lagi jaga benar amanah ini, semoga tugas besok berjalan sukses dan lancar,” tandasnya.

Kepada para pembina maupun pelatih, Urip menyampaikan apresiasi serta terima kasih atas segala jeri payah dan kesabaran dalam membimbing putra-putri terbaik Kabupaten Brebes menjadi anggota Paskibraka. “Saya rasa ini semua pilihan terbaik diantara yang baik, tinggal ditunjukkan besok,” ucapnya.

Urip berharap, melalui Paskibraka jiwa kepemimpinan dan semangat bela negara yang telah ditanankam selama proses latihan dapat tumbuh kuat. Sehingga generasi muda ini, dapat berkontribusi besar terhadap bangsa di berbagai sektor pembangunan.

Usai mengukuhkan Pj Bupati menyalami dan memberikan semangat kepada seluruh anggota Paskibraka, diikuti jajaran Forkopimda, OPD Brebes serta pembina.

Sutrisno