Tim Sepak Bola Kota Semarang berfoto bersama usai pengalungan medali perunggu. Foto: tim

JEPARA (SUARABARU.ID)– Tim Sepak Bola Kota Semarang menuntaskan perjuangannya di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI/2023, dengan meraih medali perunggu, usai mengalahkan Kabupaten Banyumas dengan adu penalti.

Laga kedua tim kembali terulang di babak perebutan juara ketiga, yang digelar di Stadion Kamal Djunaidi, Jepara, Kamis (10/8/2023). Sebelumnya, kedua tim sudah bertemu di fase Grup A, saat babak penyisihan.

Usai bermain imbang 2-2 selama 90 menit, laga dilanjutkan dengan babak adu tendangan penalti. Penjaga gawang Kota Semarang, Hussein Omar Batistuta, menjadi pahlawan kemenangan untuk timnya, usai menggagalkan upaya para penendang lawan.

BACA JUGA: Perjuangan Tak Kenal Lelah Berbuah Manis bagi Tim Futsal Kota Semarang

Empat penendang Banyumas, Roland Adi, Danang Aryanto, Hafid Kurniawan, dan Restu Setya Pratama, gagal total saat berhadapan dengan Hussein. Bahkan tiga dari empat eksekutor Banyumas itu, berhasil ditepis sempurna oleh Hussein Omar Batistuta. Sedangkan satu peluang hanya membentur mistar.

Kota Semarang sendiri berhasil melesakkan gol lewat kapten Muhammad Suryadi dan Tegar Ariyanto Bere. Satu algojo Semarang yang gagal eksekusi penalti adalah Deny Singo.

Usai pertandingan, Hussein Omar Batistuta mengaku bangga bisa menjadi pahlawan bagi Kota Semarang, sekaligus memberikan medali perunggu.

BACA JUGA: Lakon Srikandi Pinilih, Klimaks dari Dendam Kesumat Dewi Amba

”Saya sangat senang bisa memberikan medali perunggu. Sebenarnya kami ingin menang di waktu normal, namun harus berakhir dengan babak adu penalti,” terang Hussein.

Sementara itu, pelatih Kota Semarang, Denny Rumba mengaku bersyukur, bisa menuntaskan ajang ini dengan membawa pulang medali perunggu.

”Perunggu adalah capaian maksimal tim Kota Semarang. Keinginan kami memang masuk final, tapi ini adalah hasil maksimal yang harus disyukuri,” ucap Denny.

BACA JUGA: Haul Ke-286 Kanjeng Adipati Tjitrosomo, Pj Bupati: Mengenang “Labuh-Labetnya” bagi Jepara

Untuk pertandingan babak final antara Kabupaten Kudus lawan Kabupaten Cilacap, akan dilaksanakan di Stadion Ujungbatu Gelora Bumi Kartini (SUGBK) Jepara, Jumat (11/8/2023), mulai pukul 14.45 WIB.

Partai final cabor sepak bola sekaligus menjadi penutup gelaran Porprov XVI/2023 Pati Raya, yang secara resmi sudah dibuka pada Sabtu (5/8/2023).

Riyan