JEPARA (SUARABARU.ID) – Haul Kanjeng Adipati Tjitrosomo digelar pada Kamis tanggal 10 Agustus 2023, di Komplek Makam Tjitrosomo di Desa Sendang, Kecamatan Kalinyamatan.

Adipati Tjitrosomo I yang semula dikenal dengan nama Ki Wuragil, merupakan pemimpin Jepara tahun 1705 – 1735 yang kemudian enam orang keturunan menjadi Adipati Jepara. Ia meninggal pada tahun 1735

Haul dihadiri oleh Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta beserta istri, serta Forkopimda dan sejumlah kepala OPD serta keluarga trah Tjitrosomo dari berbagai kota. Haul ditandai dengan pemasangan lurup oleh Forkopimda dan Eka Edy Supriyanta di makam Kanjeng Adipati Tjitrosomo I, III,IV.V, VI, dan VII yang pernah menjadi Adipati Jepara. Sedangkan Adipati Tjitrosomo II dimakamkan di Bapangan.

Disamping itu haul ditutup dengan pengajian akbar dengan menghadirkan KH. Gus Rojih Ubab Maimun dari Sarang, Rembang yang diikuti oleh warga setempat.

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta dalam sambutannya usai pemasangan lurup mengungkapkan, haul ini adalah bagian dalam memperkaya khasanah budaya dan sejarah lokal. “Sebab 180 tahun lebih trah Tjitrosomo ini telah menjadi Adipati Jepara,” ujarnya.

Dalam susunan kekerabatan ini ternyata Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta merupakah salah satu trah atau garis keturunan Tjitrosomo. Jika dilihat dari silsilah Adipati Tjitrosomo I yang semula dikenal dengan nama Ki Wuragil, Edy Supriyanta adalah generasi ke delapan yang dalam susunan kekerabatan Jawa disebut Gropak Senthe.

Sedangkan jika ditelusur dari susunan silsilah Adipati Tjitrosomo VI, ia termasuk salah wareng adipati yang semula bernama R.M.Ng. Notowijoyo dan pernah mejabat sebagai Bupati ke – 29 Kabupaten Tuban, Bupati Lasem, Bupati Kudus dan Adipati Jepara ke – 26.

Hadepe