Tim Futsal Kota Semarang bersama pelatih, manajer dan Ketua AFK Suyatno, melakukan foto bersama usai meraih medali emas di cabor ini. Foto: tim

JEPARA (SUARABARU.ID)– Tim Futsal Kota Semarang mencatatkan sejarah, setelah sukses meraih medali emas untuk pertama kalinya, di arena Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI/2023, usai mengalahkan Kabupaten Sukoharjo di partai puncak.

Dalam partai final yang berlangsung di venue futsal, Kompleks Gelora Bumi Kartini Jepara, Kamis (10/8/2023), Kota Semarang menang dengan skor tipis 2-1. Dua gol emas itu dihasilkan Derik Kristianto menit 12 dan Muzaki Wafa (36). Satu gol Sukoharjo dicetak Renaldi Saputro menit 39.

Usai laga, pelatih futsal Kota Semarang, Muhammad Afandi, mengucap syukur setelah mampu meraih medali emas untuk pertama kalinya, di ajang multievent tingkat Jawa Tengah ini.

BACA JUGA: Lakon Srikandi Pinilih, Klimaks dari Dendam Kesumat Dewi Amba

Alhamdulillah, pada partai puncak ini mampu mempersembahkan medali emas untuk Kota Semarang. Kebetulan anak-anak sudah sering bertemu lawan Sukoharjo di berbagai event futsal. Secara umum pertandingan berlangsung sangat ketat dan keras,” tutur Afandi.

Dia memuji kualitas permainan Sukoharjo, yang sangat rapi dalam menyusun serangan dan bertahan. Selain itu, Afandi mengungkapkan kunci kemenangan Bayu Putra Junior dkk, yakni pada mentalitas dan emosi pemainnya.

”Kami berhasil meredam emosi dan memiliki mentalitas yang bagus sejak menit awal, hingga akhir pertandingan,” imbuhnya.

BACA JUGA: Haul Ke-286 Kanjeng Adipati Tjitrosomo, Pj Bupati: Mengenang “Labuh-Labetnya” bagi Jepara

Sedangkan Manajer Tim Futsal Kota Semarang, Ade Sasongko Pramudito menambahkan, pencapaian tim futsal ini menorehkan tinta emas di ajang Porprov Jateng. Hal ini karena tim Kota Semarang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari, dan hasilnya memuaskan.

”Kita memang sudah persiapkan tim ini satu setengah tahun, dari mulai awal seleksi, latihan intens, hingga akhirnya membuahkan hasil emas ini,” ucap Dito, sapaan karibnya.

Dito menjelaskan, tim futsal Kota Semarang ini selain intens latihanm juga ikut di berbagai kompetisi Nasional, untuk melatih jam terbang dan mental. ”Setelah ini, kami akan fokus pada persiapan Pra-PON, dengan skuad yang sama,” imbuhnya.

BACA JUGA: RS Hasyim Asy’ari Tebuireng dan Dompet Dhuafa Wujudkan Mimpi Gus Sholah

Sementara itu, Ketua Asosiasi Futsal Kota Semarang, Suyatno mengemukakan, perjuangan tim futsal meraih emas di Porprov Jateng, merupakan capaian yang luar biasa. Persiapan pemusatan latihan jangka panjang, menjadi kunci hasil keberhasilan ini.

”Selamat untuk tim pelatih, ofisial, dan pemain, yang telah berjuang ekstra keras untuk mencetak sejarah meraih medali emas. Ini emas pertama di ajang Porprov Jateng. Dan saya berharap, prestasi ini akan terus dipertahankan di event-event berikutnya,” harap dia.

Di cabor ini, medali perunggu diraih Kota Solo, yang mengandaskan perlawanan Kabupaten Sragen dengan skor ketat 5-4. Lima gol Kota Solo dicetak Muhammad Rizal Himawan pada menit 16, hattrick Usama Ahmad Raihan (27, 31 dan 39), dan Arkadia Angga Bayu (31). Empat gol Kabupaten Sragen disumbang Ikhsan Suryana (9), Ardy Tri Handika (34), dan Muhammad Hadira Irfani (38 dan 39).

Riyan