blank
Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan oleh Ketua DPD IKAL Lemhannas Jawa Tengah Prof Dr Ir Sri Puryono Karto Sodarmo MP dengan Ketua PD XI KB FKPPI Jawa Tengah Erry Sadewo, di Hotel Pandanaran Semarang, Sabtu (22/7/2023). Foto : Dok Absa 
SEMARANG (SUARABARU.ID) Ikatan Keluarga Alumni (IKAL) Lemhannas Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jawa Tengah, menandatangani nota kesepahaman dengan Pengurus Daerah (PD) XI Keluarga Besar Forum Komunikasi Putra Putri TNI Polri (KB FKPPI) Jawa Tengah di Kota Semarang, Sabtu (22/7/2023).
Menurut Ketua PD XI KB FKPPI Jawa Tengah Erry Sadewo, isi dari nota kerja sama tersebut intinya adalah merupakan misi pengabdian kepada masyarakat, dengan ikut serta dalam menyelenggarakan pemantapan nilai-nilai kebangsaan, guna meningkatkan dan memantapkan wawasan kebangsaan dalam rangka membangun karakter bangsa.
“Inti dari nota kesepahaman tersebut adalah program pengabdian kepada masyarakat, berupa pembentukan budi pekerti dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan, dengan mengimplementasikan tentang Pancasila, untuk menjadi manusia Indonesia seutuhnya,” jelas anggota DPRD Kota Semarang dari Fraksi Golkar.
Kenapa dilakukan, lanjutnya, karena prihatin dengan kondisi budaya anak muda jaman sekarang, sebab di era keterbukaan informasi hingga teknologi saat ini, mengikis Budi pekerti, sopan santun dan nilai-nilai kebangsaan anak muda sekarang.
“Seperti kita lihat sekarang, anak-anak muda sekarang lebih banyak memainkan game online dan sejenisnya, dibandingkan dengan bagaimana memahami nilai-nilai kebangsaan dan budaya Indonesia serta prinsip dan nilai Pancasila,” ujar Erry Sadewo prihatin.
Dikatakan pula, jika untuk bisa menjalankan nilai-nilai kebangsaan, dengan mengimplementasikan tentang Pancasila, terdapat semboyan 5 T. Yaitu Tanggap, Tegas, Tepat, Terprogram, serta Tombok atau Tanggung jawab secara finansial, tenaga, pikiran dan waktu.
“Ya memang untuk penerapan itu mesti siap Tombok (berani rugi). Maksudnya Tombok di sini, ya harus siap meluangkan waktu, tenaga, pikiran dan tentunya finansial (uang),” papar Anggota Dewan Guru Pimpinan Pusat Ikatan Karate Do Indonesia (PP INKAI).
Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut dilakukan usai pelaksanaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I, oleh Ketua DPD IKAL Lemhannas Jawa Tengah Prof Dr Ir Sri Puryono Karto Soedarmo MP dengan Ketua PD XI KB FKPPI Jawa Tengah Erry Sadewo, disaksikan oleh Organisasi Kepemudaan se Jawa Tengah di Hotel Pandanaran Semarang, Sabtu (22/7/2023).
Absa