blank
Mahasiswa Program Studi S1 Pariwisata Universitas Semarang (USM) melakukan Kuliah Kerja Lapangan ke Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul pada 18 Juli 2023. Mereka foto bersama. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Mahasiswa Program Studi S1 Pariwisata Universitas Semarang (USM) melakukan Kuliah Kerja Lapangan ke Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul pada 18 Juli 2023.

Kunjungan tersebut didampingi Ketua Prodi S1 Pariwisata USM, Herman Paninggiran S.E.,M.MPar.

Herman mengatakan, tujuan KKL untuk mengenalkan Prodi S1 Pariwisata USM.

Selain itu mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan oleh Dinas Pariwsata Kabupaten Bantul dalam mengembangkan potensi wisata yang ada di daerah tersebut.

Menurutnya, kegiatan KKL ini diharapkan menambah wawasan mahasiswa tentang kebijakan dan strategi yang dilakukan oleh pemerintah dalam mengembangkan pariwisata yang nantinya dituangkan dalam bentuk laporan KKL.

”Pentingnya kunjungan ke instansi pemerintahan khususnya Dinas Pariwisata karena lulusan Pariwisata diharapkan suatu saat akan mempunyai kesempatan untuk bekerja di instansi pemerintahan sehingga perlu untuk dikenalkan lebih awal,” ungkapnya.

Subkoordinator Kelompok Substansi Pelayanan Informasi dan Kerja Sama Kepariwisataan Kabupaten Bantul, Catarina Issri Putranti Hendrayanti, A.Md mngatakan, Kabupaten Bantul merupakan salah satu magnet wisata dengan berbagai macam daya tarik wisata. Potensi yang ada membutuhkan kerja sama dengan berbagai pihak termasuk dari kalangan akademisi,” ujar Catarina.

Pada kesempatan itu mahasiswa mendapat penjelasan mengenai pengembangan Ekonomi Kreatif yang ada di Kabupaten Bantul sebagai penunjang Pariwisata oleh Subkoordinator Kelompok Substansi Pengembangan Ekonomi Kreatif, Lina Yuliasri, SIP.

Di akhir kunjungan setiap mahasiswa mendapatkan buku The Harmony of Nature and Culture yang berisi potensi pariwisata di Kabupaten Bantul yang diterbitkan secara khusus oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul.
.
Muhaimin