blank
Implementasikan Konsep Konservasi Air di SDN 4 Jambu, PLN UIK Tanjung Jati B Bangun Instalasi Pemanenan Air Hujan

JEPARA (SUARA BARU.ID) – PLN UIK Tanjung Jati B memberikan bantuan substansial kepada SDN 4 Jambu, Mlonggo, Jepara, untuk mengatasi kebutuhan air bersih selama musim kemarau. Bantuan ini dalam upaya mendukung keberlanjutan lingkungan dan membantu masyarakat sekitar dengan menyediakan instalasi pemanenan air hujan dan sumur resapan.

Bantuan tersebut secara resmi diterima oleh Kepala Sekolah SDN 4 Jambu, Mlonggo, Jepara, Sri Chunafah pada Selasa (11/07). Sri Chunafah mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada PLN Tanjung Jati B atas bantuan instalasi pemanenan air hujan dan sumur resapan yang sangat dibutuhkan oleh sekolah tersebut.

Ia menjelaskan bahwa bantuan ini akan menjadi tambahan kekayaan bagi sekolah, yaitu air, yang sangat dibutuhkan untuk mengurangi beban penggunaan air PDAM.

blank
Implementasikan Konsep Konservasi Air di SDN 4 Jambu, PLN UIK Tanjung Jati B Bangun Instalasi Pemanenan Air Hujan

Bantuan instalasi pemanenan air hujan dan sumur resapan akan memberikan manfaat yang signifikan bagi SDN 4 Jambu. “Selain digunakan untuk kebutuhan cuci dan wudhu, air yang terkumpul melalui instalasi pemanenan air hujan juga akan digunakan untuk menyiram tanaman saat musim kemarau, ” ujarnya

Sri Chunafah juga manambahkan bantuan ini sangat bermanfaat bagi kemajuan SDN 4 Jambu, karena sekolah tersebut merupakan SD Adiwiyata tingkat provinsi yang memiliki kebutuhan khusus dalam kelengkapan fasilitas. Salah satunya adalah instalasi pemanenan air hujan dan sumur resapan.

General Manager PLN UIK Tanjung Jati B menjelaskan bahwa instalasi pemanenan air hujan dan sumur resapan adalah langkah strategis dalam menjaga ketersediaan air bersih.

“Air hujan yang biasanya hanya terbuang, dikumpulkan dan disimpan dalam tandon air untuk selanjutnya digunakan dalam kebutuhan sehari-hari. Kemudian, dibangun juga sumur resapan sebagai sarana penampung air hujan yang jatuh di atas atap gedung sekolah dan meresapkannya ke dalam tanah.,” tutur Hari.

“Kita berupaya menjaga stok air bersih di sekolah tetap tersedia bila nanti tiba musim kemarau berkepanjangan. Konsep konservasi air ini juga bertujuan untuk menjaga keseimbangan hidrologi air tanah sehingga dapat mencegah intrusi air laut, serta menambah jumlah air yang masuk ke dalam tanah sehingga secara berkesinambungan juga akan menambah cadangan air tanah,” tambahnya.

PLN UIK Tanjung Jati B berkomitmen untuk terus memperkuat konsep konservasi air di lingkungan sekolah. Bantuan instalasi pemanenan air hujan dan sumur resapan tidak hanya memberikan manfaat saat ini, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai penting tentang pengelolaan sumber daya alam kepada para siswa.

Melalui upaya ini, PLN UIK Tanjung Jati B berusaha menciptakan masa depan yang lebih baik dengan menjadikan ketersediaan air bersih sebagai prioritas utama dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan bantuan instalasi pemanenan air hujan dan sumur resapan kepada SDN 4 Jambu, PLN UIK Tanjung Jati B memberikan dampak positif yang nyata dalam mengatasi kebutuhan air bersih selama musim kemarau.

Selain itu, bantuan ini juga mendorong pengelolaan lingkungan yang lebih baik di wilayah tersebut, serta memberikan inspirasi bagi kawasan sekitar untuk menerapkan konsep konservasi air dan pengelolaan sumber daya air yang bijaksana.

Hadepe