blank
KBO Satuan Binmas Polres Blora selaku Kasubsatgas Binluh Operasi Patuh Candi 2023 Polres Blora, Ipda Sugiyanto bersama anggota Polres lakukan sosialisasi, di simpang 4 Karangjati, Blora. Kamis, 12 Juli 2023. Foto: Kudnadi Saputro Blora
BLORA (SUARABARU.ID) —  Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Polres)  Blora, Polda Jateng, menggelar Operasi Patuh Candi 2023 pada 10 Juli hingga 23 Juli 2023.
Operasi Patuh Candi 2023 berkonsentrasi pada keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam etika berlalu lintas. dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas.
Untuk itu, Kapolres Blora AKBP Fahrurozi, S.I.K., M.M., M.H., saat  mempimpin gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2023 mengatakan “Operasi Patuh Candi 2023 akan mengedepankan giat edukatif dan persuasif serta humanis didukung etle (statis, mobile, dan Hand Held).
“Utamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan memedomani standar operasional prosedur yang telah ditentukan. Lakukan tugas operasi patuh dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat,” tegas Kapolres Blora.
Sementara itu, KBO Satuan Binmas Polres Blora selaku Kasubsatgas Binluh Operasi Patuh Candi 2023 Polres Blora, Ipda Sugiyanto mengatakan bahwa giat kali ini guna mewujudkan Kamseltibcarlantas (Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas) dan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.
Polres Blora Polda Jawa Tengah melalui  Satuan Lalu Lintas Polres Blora, Polda Jateng,  menggelar Operasi Patuh Candi 2023 pada 10 Juli hingga 23 Juli 2023 sekaligus melaksanakan sosialisasi keselamatan berlalu lintas kepada pengguna jalan, untuk meningkatkan Keselamatan berlalu Lintas di jalan raya.
“Kegiatan dilaksanakan di kawasan strategis dan jalan protokol di Kabupaten Blora. Salah satunya yang dilakukan ini  di simpang 4 Karangjati,” kata Kasubsatgas Binluh Operasi Patuh Candi 2023 Polres Blora, Ipda Sugiyanto kepada media ini, Rabu (12/7/2023).
Tujuannya adalah, lanjut  Kasubsatgas Binluh Operasi Patuh Candi 2023 Polres Blora, untuk mewujudkan Kamseltibcarlantas yang aman dan selamat, serta menekan angka kecelakaan dan fatalitas laka lantas.
“Kami imbau masyarakat agar selalu hati-hati dan waspada serta patuh terhadap aturan lalu lintas. Jangan melakukan pelanggaran, karena pelanggaran adalah awal terjadinya kecelakaan,” kata Kasubsatgas Binluh Operasi Patuh Candi 2023 Polres Blora.
Untuk perhatian, Keselamatan berlalu lintas memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting. Kesadaran pengguna lalu lintas, baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor, dan pengguna jalan lainnya masih rendah.
Masih ditemukan pengendara yang melawan arus lalu lintas, melanggar rambu, marka jalan, dan sebagainya. Mari kita jaga keselamatan diri di jalan raya.
Kudnadi Saputro