blank
Bupati Blora lakukan seremonial peletakan batu pertama pembangunan  gedung UDD PMI Blora bersama  Ketua Dewan Kehormatan PMI Blora dan Ketua PMI Kabupaten Blora bersama  pengurus. Foto: Kudnadi Saputro Blora 
BLORA (SUARABARU.ID) — Dalam rangka menghadapi bulan Desember ini terjadwal akreditasi Unit Donor Darah (UDD), karena salah satu akreditasi UDD adalah adanya ruang laboratorium, ruang steril, ruang simpan darah.
Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora harus segera memiliki gedung Unit Donor Darah (UDD) baru. Gedung baru tersebut nantinya akan memiliki 2 lantai. seremonial peletakan batu pertama pembangunan gedung UDD PMI Blora dilakukan langsung Bupati Blora dengan didampingi Ketua Dewan Kehormatan PMI Blora dan Ketua PMI Kabupaten Blora bersama  pengurus.
Ketua PMI Kabupaten Blora Ir. Sutikno Slamet mengatakan bahwa  pembangunan gedung UDD merupakan impian lama seluruh pengurus, gedung baru ini nantinya akan dilengkapi seluruh fasilitas penunjang kegiatan donor darah.
“Tiga tahun terakhir kita selalu berharap bisa membangun gedung UDD. Karena bulan Desember ini terjadwal akreditasi UDD, oleh karena itu kita bangun gedung ini, oleh karena salah satu akreditasi UDD adalah adanya ruang laboratorium, ruang steril, simpan darah. InshaAllah kalau kita bangun syarat akreditasi sarana prasana sudah terpenuhi,” ungkap Sutikno Slamet kepada awak media ini, saat peletakan batu pertama pembangunan gedung UUD, Rabu, 28 Juni 2023.
Gedung baru tersebut, lanjut Sutikno Slamet,  terletak di sebelah markas PMI Blora di Jalan GOR,  Gedung ini nantinya akan memiliki 2 lantai yakni untuk pelayanan kedonordarahan dan administrasi.
“Lantai satu untuk pelayanan kegiatan donor darah, termasuk laboratorium dan ruang steril. Dan lantai dua untuk administrasi,” jelas Sutikno Slamet.
Lebih lanjut, Ketua PMI Blora menjelaskan bahwa  anggaran pembangunan gedung UDD biayanya  mencapai Rp 700 Juta,  dana tersebut bersumber dari anggaran PMI Kabupaten Blora.
“Untuk pembangunan gedung ini anggarannya dari PMI sendiri mas, sekitar Rp 700 juta. Ini untuk UDD saja, yang markas PMI belum,” kata  Sutikno Slamet.
Pada kesempatan itu, Bupati Blora H.Arief Rohman, S.IP, M.Si.,  menyambut baik pembangunan gedung UDD baru ini. Bupati berharap keberadaan gedung ini mampu menunjang pelayanan kedonordarahan PMI Blora.
“Saya berharap dengan bangunan gedung UDD yang baru ini yang dilengkapi laboratorium, ruangan steril, ruang simpan darah, pelayanan donor darah bisa semakin meningkat, oleh karena setetes darah sangat berharga bagi orang lain,” ucap Bupati Blora.
Bupati Blora berharap pembangunan gedung ini dapat dilakukan secara sungguh-sungguh, sehingga diharapkan sesuai target pada bulan Desember sudah bisa difungsikan.
“Tolong dibangun sungguh-sungguh untuk pelayanan masyarakat. Fasilitas desainnya dibuat selengkap mungkin,  mudah-mudahan tanpa kendala, dan bulan Desember minimal sudah bisa difungsikan,” harap Bupati Blora.
Kudnadi Saputro