blank
Romo gereja ikut pengamanan Salat Id di Muntilan, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) –Momentum perayaan hari keagamaan tepat sebagai wadah membangun toleransi antarumat beragama. Seperti momen perayaan Hari Raya Idul Adha 2023 di wilayah Kabupaten Magelang, Rabu (28 Juni 2023).

Pada pelaksanaan Salat Idul Adha di Lapangan Muntilan yang dilaksanakan pihak Muhammadiyah. Di lokasi tersebut terlihat suasana toleransi.

Ribuan jamaah memadati lapangan hingga meluber ke halaman Gereja Katolik Santo Antonius yang lokasinya tidak jauh dari lapangan itu.

Menariknya, Romo Dian Permana (Romo Ale SJ) dari Gereja Katolik Santo Antonius Muntilan turut serta bergabung dalam menjaga keamanan. Bahkan ikut menyambut umat muslim yang hendak Salat Idul Adha dan menyalami jamaah.

Kapolsek Muntilan AKP Abdul Muthohir mengatakan, kehadiran Romo Ale SJ salah satu simbol toleransi yang indah di Kabupaten Magelang, khususnya di wilayah Kecamatan Muntilan.

“Adem rasanya. Pelaksanaan Salat Idul Adha ini kami hadir melakukan pengaman bersama Romo Ale SJ. Inilah wujud toleransi dalam beragama,” kata AKP Thohir.

Menurut Kapolsek Muntilan, kegiatan seperti itu menunjukkan betapa pentingnya keberagaman dan kerukunan dalam kehidupan masyarakat. Para pemimpin agama seperti yang tunjukkan oleh Romo Ale merupakan contoh yang baik bagi generasi muda dan masyarakat luas.

Selain dihadiri romo, pihak gereja setempat juga memfasilitasi lokasi parkir roda dua dan empat bagi umat muslim yang datang Salat Idul Adha di halaman gereja.

Sementara itu, panitia menyebutkan bahwa imam dan khatib Ustad Immawan Wahyudi, Dosen Universitas Ahmad Dahlan DIY.

Eko Priyono