blank
Ketua Dewan Penyantun Universitas Semarang (USM) Prof Dr Mahfud MD foto bersama Rektor USM Dr Supari MT, Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Sudharto PhD, anggota Pembina Yayasan Alumni Undip Ir Soeharsojo IPU, dan Kairul Anwar SH MH. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ketua Dewan Penyantun Universitas Semarang (USM) Prof Dr Mahfud MD yang sekaligus sebagai Menko Polhukam RI akan membuka Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2023 di kampus USM pada 24 Juni mendatang.

Hal ini disampaikan Rektor USM Dr Supari MT saat menyampaikan laporan kesiapan pelaksanaan KRI 2023 kepada Prof Dr Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam RI pada Senin, 19 Juni 2023.

Rektor USM memberikan laporan kepada Ketua Dewan Penyantun bersama Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Sudharto PhD, anggota Pembina Yayasan Alumni Undip Ir Soeharsojo IPU, dan Kairul Anwar SH MH selaku pengurus Ikatan Alumni USM juga sebagai Exco PSSI yang menggelar pertandingan sepak bola antara Timnas Indonesia melawan Argentina.

Menurut Supari, saat ini persiapan KRI 2023 yang akan digelar di USM sudah 90 persen lebih. Lapangan untuk pertandingan sudah disiapkan, perangkat streaming, internet dan lain-lain juga sudah disiapkan dengan baik.

”Sebanyak 50 perguruan tinggi dengan 136 tim akan hadir di kampus USM untuk mengikuti KRI Nasional 2023 pada 21-26 Juni mendatang. Persiapan untuk pelaksaan KRI Nasional sudah 90 persen lebih. Kami berharap, pelaksanaan KRI di USM bisa berjalan dengan lancar, sukses, tanpa suatau hambatan yang berarti,” ungkaps Supari.

”Panitia juga akan menghadirkan para siswa SMP/SMA untuk menyaksikan jalannya lomba agar mereka mendapatkan edukasi terkait perkembangan teknologi robotika dan menjadi motivasi untuk melanjutkan kuliah ke jenjang Pendidikan tinggi,” tambahnya.

Terdapat tujuh kategori kompetisi dalam KRI yakni, Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia – Beroda (KRSBI – B), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia – Humanoid (KRSBI-H), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), dan Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI).

”Untuk kategori KRBAI merupakan kategori baru dan pertama kali akan dilombakan di USM dan USM memiliki fasilitas kolam renang di rooftop lantai 10 Gedung Menara USM,” ungkapnya.

Sementara Prof Mahfud MD sangat berharap dari 7 divisi yang dilombakan, akan muncul generasi muda dengan talenta dan inovasi temuan teknologi baru bidang robotika untuk mendukung kemajuan teknologi di Indonesia. Khususnya Kontes Robot Bawah Air sangat diharapkan akan memberikan akselerasi kemandirian Indonesia sebagai negara bahari, utamanya pertahanan laut bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kegiatan akan digelar di 4 venue yaitu Auditorium Prof Muladi SH, Auditorium Ir Widjatmoko, GOR Prof Soedarto SH, dan Kolam Renang USM dan akan disiarkan secara langsung di siaran digital USMTV serta live streaming.

Muhaimin