blank
Ilustrasi mengantuk. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tidur merupakan aktivitas pasif yang sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental manusia. Jutaan manusia di dunia belum bisa tidur cukup atau menderita berbagai masalah tidur. Total waktu tidur yang dibutuhkan manusia memliki perbedaan dari faktor umur.

Menurut penelitian kurang memiliki waktu tidur yang berkualitas dapat mempengaruhi kesehatan, suasana hati, berat badan, dan bahkan kehidupan seks. Tidur yang cukup dapat membantu mengontrol nafsu makan dan berat badan.

Setiap manusia membutuhkan tidur. Meski demikian, tak sedikit orang yang kurang tidur setiap harinya. Akibatnya, merdeka akan mengantuk dan mudah lelah.

Baca Juga:Tips Tidur Nyenyak Maksimal

Tapi jangan anggap hal ini sebagi masalah sepele. Kekurangan tidur tidak hanya menimbulkan rasa kantuk, tapi juga berdampak buruk bagi kesehatan.

Lantas apa saja dampak buruk kurang tidur bagi kesehatan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak penjelasan di bawah ini sebagaimana dilansir dari laman Hellosehat.

1. Fungsi otak menurun

Seseorang yang kurang tidur setiap harinya, akan berpotensi mengalami gangguan fungsi otak. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah menurunnya daya ingat.

Kondisi tersebut dapat membuat seseorang merasa kesulitan dalam mengolah informasi. Hasilnya, kamu akan lambat dalam menanggapi sesuatu dan cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama dalam mengambil keputusan.

Baca Juga: Trik Sakit Pinggang Ketika Bangun Tidur

2. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Kurang tidur dapat merangsang pembentukan sitokin inflamasi, yang berperan penting dalam perkembangan gangguan kardiovaskular. Sitokin inflamasi tersebut dapat mengakibatkan terjadinya peradangan pada tubuh, termasuk pembuluh darah di area jantung.

Maka dari itu, bagi seseorang yang mengidap penyakit kardiovaskular (penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah) disarankan untuk tidak begadang. kamu harus mendapatakan tidur yang cukup agar tidak mengganggu kesehatan jantung kamu.

3. Fungsi seksual semakin menurun

Bagi kamu yang sudah menikah, mendapatkan tidur yang cukup sangatlah penting. Perlu diketahui bahwa kurang tidur dapat menurunkan fungsi seksual. Seperti tidak mampu ereksi dengan maksimal, dan kehilangan hasrat untuk bercinta. Hal tersebut tentu akan mengganggu keharmonisan keluarga kamu.

Baca Juga: Sering Merasa Lapar saat Bangun Tidur? Yuk Simak 6 Penyebabnya

4. Mudah jantuh sakit dan rentan terkena kanker

Tidur bermanfaat untuk mengembalikan energi tubuh sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Artinya, jika kamu kurang tidur maka sistem kekebalan tubuh kamu akan semakin berkurang. Akibatnya, tubuh kamu tidak mampu untuk melawan berbagai jenis virus, bakteri, kuman, dan infeksi.

Hal tersebut dapat membuat kamu mudah jatuh sakit. Selain itu, menurut American Academy of Sleep Medicine (AASM), kurang tidur dalam jangka panjang dapat memicu kanker.

Tidur adalah suatu keharusan. Meskipun kamu bisa menahan rasa kantuk, tapi tubuh kamu tetap membutuhkan istirahat. Maka dari itu, tidurlah yang cukup agar tubuh kamu tetap sehat.

Itulah 4 dampak buruk kurang tidur bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Claudia