blank
Ilustrasi situasi merasa lapar setelah bangun tidur. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Beberapa orang mungkin pernah merasakan lapar setelah terbangun dari tidurnya. Kondisi ini terbilang normal jika Anda memang belum mengonsumsi makanan apapun sebelum tidur dalam waktu yang cukup lama, karena lapar merupakan respon tubuh untuk mendapatkan asupan yang dibutuhkan dalam proses metabolisme.

Namun, jika Anda merasakan lapar secara berlebihan dan selalu muncul meskipun Anda telah makan sebelum tidur, itu berarti ada beberapa hal yang menjadi pemicunya.

Apalagi jika jarak antara waktu makan dan terbangun dari tidur hanya sekitar 1 atau 2 jam saja. Dilansir dari Suara.com lantas, apa saja penyebab munculnya rasa lapar setelah bangun tidur? Simak pembahasan berikut!

Baca Juga: Sering Jadi Obat Luka, Ini 5 Manfaat Sirih Cina yang Jarang Diketahui

1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Manis

Pada dasarnya makanan manis atau mengandung kadar gula tinggi lebih cepat dicerna oleh tubuh dibanding makanan yang mengandung protein dan serat.

Pasalnya, ketika Anda mengonsumsi makanan manis, pankreas akan memproduksi insulin dalam jumlah yang lebih banyak guna memecah kelebihan gula tersebut. menjadi energi.

Saat tidur, tubuh Anda akan tetap melakukan metabolisme seperti biasanya termasuk menghasilkan insulin. Nah, jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makan manis sebelum tidur, kadar gula darah dapat melonjak drastis dan akan kembali turun dalam waktu yang cepat pula.

Kondisi inilah yang menjadi pemicu timbulnya rasa lapar berlebihan saat terbangun dari tidur, seperti dilansir pada laman Sleep Foundation.

2. Kurang Tidur

Menurut sebuah studi dari jurnal Nature Communications, tidur mempengaruhi aktivitas hormon gherlin yang berperan dalam memberikan sinyal lapar kepada otak. Saat Anda kurang tidur karena begadang, maka hormon gherlin akan terus diproduksi sehingga memicu rasa lapar berlebih ketika terbagun di pagi hari.

Baca Juga: 6 Manfaat Masker Mentimun untuk Kulit Wajah, Simak!

3. PMS

Ketika memasuki masa menstruasi, umumnya para wanita akan mengalami sindrom parahaid atau PMS yang menyebabkan terjadinya perubahan kadar hormon di dalam tubuh.

Salah satu gejala yang sering terjadi akibat PMS adalah munculnya keinginan berlebih untuk mengonsumsi makanan manis, seperti dilansir dari The FASEB Journal. Kondisi ini tentu dapat meningkatkan kadar gula darah sekaligus mempercepat timbulnya rasa lapar.

4. Olahraga di Waktu Malam

Olahraga memang memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan, salah satunya menjaga berat badan tetap ideal. Meski begitu, aktivitas olahraga intens yang dilakukan pada malam hari justru membuat penurunan kadar gula darah secara berlebihan.

Walaupun nantinya Anda akan tertidur, proses metabolisme tubuh akan tetap berjalan dan membutuhkan asupan gizi sebagai bahan bakarnya. Hal inilah yang juga menjadi pemicu timbulnya rasa lapar setelah bangun tidur.

Baca Juga: Kaya akan Antioksidan, Yuk Simak 5 Manfaat Bawang Bombay

Untuk meminimalisir hal tersebut, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan berprotein tinggi setelah berolahraga sehingga tubuh tetap memiliki cadangan asupan yang cukup, seperti dilansir Hello Sehat.

5. Stres

Sebagian orang yang mengalami stres akibat pekerjaan, finansial, dan faktor lainnya sering mengalami peningkatan nafsu makan. Melansir dari jurnal Psychoneuroendocrinology, kondisi ini dipengaruhi oleh meningkatnya produksi hormon kortisol sebagai respon dari stres.

Maka tak jarang, orang yang sedang mengalami stres tidak mampu menahan keinginan untuk makan dalam jumlah yang banyak, terutama setelah terbangun dari tidur.

6. Kehamilan

Kehamilan juga menjadi salah satu penyebab munculnya rasa lapar berlebihan saat bangun tidur. Menurut sebuah studi dari Chemosensory Perception, kehamilan mempengaruhi kadar hormon estrogen dan progesteron pada wanita, sehingga ikut meningkatkan rasa lapar guna memastikan pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat.

Itulah tadi pembahasan tentang lima penyebab munculnya rasa lapar berlebihan setelah bangun tidur, semoga bermanfaat!

Claudia