blank
Lestari Moerdijat. Foto: fn

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Target pendapatan di sektor pariwisata Nasional, harus direalisasikan dengan berbagai upaya. Hal ini agar mampu memberi sumbangsih bagi pertumbuhan ekonomi secara Nasional.

”Ada perkiraan potensi pendapatan yang cukup besar di sektor pariwisata yang harus kita wujudkan bersama-sama, dengan membangun sinergi dan kolaborasi yang kuat antarpara pemangku kepentingan pariwisata Nasional,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/5/2023).

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian memperkirakan, sektor pariwisata masih akan terus menguat di tahun ini. Pendapatan yang dihasilkan dari pariwisata Nasional pada tahun ini ditargetkan mencapai sekitar Rp 111,7 triliun.

BACA JUGA: Kelas Perempuan Maju Digital Agar Pelaku UMKM ‘Naik Kelas’

Tahun ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan 1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara, dan kunjungan 8,5 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Perkiraan pendapatan itu, menurut Lestari, harus mampu direalisasikan dengan berbagai upaya yang terukur, melalui sejumlah program dan regulasi yang mampu mengakselerasi pencapaian target-target itu.

”Selain memprediksi potensi pendapatan, juga harus diperhitungkan sejumlah kendala yang berpotensi muncul di sektor pariwisata Nasional,” imbuh Rerie sapaan akrab Lestari.

BACA JUGA: Tujuh Mahasiswa USM Ikuti Lomba Fisika dan Kimia Onmipa Mahasiswa Tingkat Wilayah

Kesiapan sejumlah infrastruktur di sejumlah kawasan wisata Nasional yang tersebar di berbagai daerah, ujar Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, harus menjadi perhatian bersama, untuk meningkatkan kepuasan para wisatawan.

Karenanya, tambah dia, kepuasan wisatawan yang tinggi saat berwisata di Indonesia akan berdampak positif, bagi keberlanjutan pengembangan kawasan-kawasan wisata lainnnya di Tanah Air.

”Bila para wisatawan itu puas ketika berwisata di berbagai daerah di Indonesia, tentunya akan membagikan pengalamannya kepada rekan dan orang-orang di sekitar tempat mereka tinggal. Sehingga akan terus ada kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi wisata yang kita miliki,” ujar anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu.

BACA JUGA: FTI Unissula Segera Miliki Banyak Guru Besar 

Melihat potensi yang besar di sektor pariwisata itu, Rerie sangat berharap, para pemangku kebijakan mempersiapkan berbagai infrastruktur yang diperlukan, untuk menopang pertumbuhan sejumlah kawasan wisata.

Selain itu dia juga mengingatkan, agar para pemangku kebijakan di tingkat pusat dan daerah, juga ikut mempersiapkan masyarakat di sekitar destinasi wisata, agar mampu menjadi tuan rumah yang baik.

”Nantinya, mereka juga akan dapat ikut menikmati nilai tambah dari tumbuhnya kawasan-kawasan wisata baru di Tanah Air,” tukas Lestari.

Riyan