blank
Mahasiswa USM sedang mengerjakan soal dalam Lomba Onmipa mahasiswa tingkat wilayah secara online di gedung pascasarjana USM pada 23 Mei 2023. (Foto:News Pool USM

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tujuh mahasiswa USM mengikuti Lomba Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Onmipa) Mahasiswa Tingkat Wilayah, 23-24 Mei 2023 secara online melalui zoom meeting.

Keikutsertaan USM dalam kegiatan karena diundang oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui surat No. 0856/J7.1/PN.00/2023.

Kaprodi S1 Teknik Elektro, Dr Ari Endang Jayati MT mengatakan, para mahasiswa USM bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi ternama di Indonesia. Sejumlah perguruan tinggi yang ambil bagian dalam kegiatan tersebut antara lain Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Tidar, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Pertamina, Unnes, Institut Pertanian Bogor, dan Institut Teknologi Bandung.

”Enam mahasiswa yang mengikuti dari program studi Teknik Elektro, yaitu bidang Matematika ada empat mahasiswa yakni Dini Ade Wulandari, Bagas Setyawan, Dyna Maharani, Muhammad Ali Akbar Sholahuddin, dan Mohamad Adi Prasetyo. Sedangkan, bidang Fisika ada dua mahasiswa, Arinaldi Hakiki dan Muhammad Abid Athourrohman,” ungkap Ari Endang Jayati.

”Materi hari pertama untuk matematika adalah analisis real, struktur aljabar, dan kombinatorika. Sedangkan fisika yaitu, mekanika klasik dan elektrodinamika,” ucapnya.

Wakil Rektor III, Dr Muhammad Junaidi SHI MH mengatakan, USM pertama kali mengikuti lomba ini. Walaupun USM tidak memiliki Fakultas MIPA, pihaknya mencari potensi-potensi terbaik di USM yang diturunkan dalam lomba tersebut.

”Kami berharap, anak-anak memberikan kemampuan terbaiknya, sehingga dapat lolos ke tingkat nasional. Kami juga akan terus berusaha memfasilitasi talenta-talenta mahasiswa USM, khususnya di bidang akademik,” ujarnya.

Muhaimin