blank
Ilustrasi cara menghilangkan bopeng bekas jerawat. Foto: Dok/ Shutterstock

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Wajah kamu berjerawat? Biasanya jerawat akan meninggalkan bekas yang namanya bopeng. Bopeng merupakan kondisi kulit bekas luka atau bekas jerawat yang meninggalkan jejak seperti lubang di wajah.

Bekas jerawat ini tidak bisa hilang dengan sendirinya sehingga memerlukan perawatan yang tepat untuk mengatasi masalah kulit tersebut.

Dikutip dari Suara.com, ada beberapa tips atau cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan menggunakan bahan alami.

1. Lidah buaya (Aloe vera)

Gel lidah buaya mengandung zat penyembuh kulit dan dapat membantu memudarkan bekas luka serta meratakan tekstur kulit. Oleskan gel lidah buaya segar secara langsung pada area bopeng, biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi 2-3 kali sehari.

2. Lemon

Lemon mengandung asam sitrat yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan memperbaiki tekstur kulit.

Peras jus lemon segar dan gunakan kapas untuk mengaplikasikannya pada bekas bopeng. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Hindari paparan sinar matahari langsung setelah mengoleskan jus lemon.

3. Madu

Madu memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mempercepat penyembuhan bekas luka. Oleskan madu organik pada area bopeng dan biarkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Ulangi 2-3 kali seminggu.

4. Minyak rosehip

Minyak rosehip kaya akan asam lemak esensial dan vitamin A, yang dapat membantu memperbaiki kulit dan mengurangi penampilan bopeng.

Oleskan sedikit minyak rosehip pada area bopeng dan pijat lembut selama beberapa menit. Biarkan minyak meresap ke dalam kulit tanpa membilasnya. Gunakan secara teratur setiap hari.

5. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan dan sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan serta merangsang regenerasi kulit. Seduh teh hijau dan biarkan dingin. Gunakan kapas untuk mengaplikasikan teh hijau pada area bopeng dan biarkan selama 10-15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Lakukan 2-3 kali seminggu.

Ning S