blank
Organisasi Masyarakat (Ormas) Bang Japar Komcam Sukoharjo, menggelar aksi donor darah massal, dalam upaya menumbuhkan sikap peduli sesama, menolong warga yang membutuhkan bantuan darah.(Dok.Begug SW)

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Ormas Bang Japar Komcam  Sukoharjo, menggelar Bakti Sosial (Baksos) aksi donor darah massal. Tujuannya untuk memberikan kepedulian kepada sesama, utamanya warga masyarakat yang memerlukan bantuan darah.

Tokoh masyarakat Kabupaten Sukoharjo, Begug Suwarman, semalam, mengabarkan, aksi donor darah massal dilaksanakan di Kampung Pokaan, Jetis, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo.

”Donor darah merupakan kegiatan yang sangat mulia. Tujuannya bukan semata-mata untuk membantu, namun juga mengharap ridha Allah,” tandas Ketua Bang Japar Komcam Sukoharjo, Narbito, saat membuka acara donor darah massal Minggu (4/6).

Donor darah, menjadi salah satu program kerja rutin Bang Japar Komcam Sukoharjo. Dilaksanakan bekerjasama dengan Palang Merah lndonesia (PMI) Cabang Sukoharjo. Aksi donor darah ini, sekaligus untuk melatih dan membentuk jiwa kemanusiaan para anggota dan masyarakat di sekitarnya. Agar senantiasa siap menjadi pendonor dan bisa memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sesama.

Peduli Sesama

Donor darah kali ini, bertempat di rumah Rahman Adianto di Kampung Pokaan RT 02/ RW 04, Kelurahan Jetis, Kecamatan dan Kabupaten Sukoharjo diikuti 28 orang Hasilnya, untuk darah Golongan A sebanyak 10 kantung (Colf), Golongan B (3 Colf), Golongtan O (11 Colf) dan Golongan AB sebanyak 3 Colf.

”Ada calon pendonor yang tidak lolos seleksi dalam pemeriksaan kesehatannya, karena karena tensi (tekanan darah)-nya tinggi,” ujar Rahman, sembari menambahkan aksi donor darah massal ini diharapkan dapat pula membangkitkan minat warga sekitar, untuk peduli menolong sesama utamanya yang membutuhkan sumbangan darah.

Sekertaris Bang Japar, Rahman Ardianto, berkata: ”Donor kali ini mengambil tempat di rumah saya, dengan maksud agar para pendonor rutin bisa berganti suasana, sehingga peserta tidak jenuh.” Terkait ini, Tim Teknis Pengambilan Darah dari PMI Sukoharjo melibatkan 4 orang, dipimpin oleh Dokter Alifa indriana.

Target darah pengambilan darah model jemput bola ini, terbatas sebanyak 35 Colf saja. Untuk selebihnya, para pendonor dipersilahkan datang ke Kantor PMI Cabang Sukoharjo untuk pengambilan darahnya. Aksi donor darah kali ini dikemas dengan slogan ”Ayo Donor Darah, Kita Sehat Mereka Selamat. Setetes Darahmu Penyambung Hidupku.”

Salah satu peserta donor, Begug, menyatakan, mengikuti donor darah secara rutin dan sudah 63 kali menyumbangkan darahnya. ”Kondisi badan saya tetap sehat, dan semoga darah yang saya donorkan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Bambang Pur