Basri Yusuf (ketiga dari kiri), berfoto bersama atlet dan panitia usai acara pers conference. Dari kiri Yuni Kartika, Titis Maulida Rahma (PB Djarum), Eddy Prayito, Akmal Zaidan Pamuji (Mutiara Cardinal), Emanuel Joseph Surya Hartono (PB Djarum) dan Sri Fatmawati (PB Jaya Raya). Foto: riyan

SOLO (SUARABARU.ID)– Ketua Pengprov PBSI Jawa Tengah, Basri Yusuf, memberikan apresiasinya, atas penyelenggaraan Polytron Walikota Cup Solo 2023, sebagai kejuaraan bulutangkis level Nasional, sehingga dapat diikuti berbagai klub dan atlet di penjuru Indonesia.

Ini berbeda dengan gelaran pada tahun lalu, yang hanya diikuti atlet Jateng. Selain itu, penyelenggara juga memasukkan nomor pertandingan dewasa, baik di partai tunggal, ganda dan ganda campuran.

Hal itu seperti yang dia sampaikan kepada para awak media, jelang kejuaraan bulutangkis Polytron Walikota Cup Solo 2023, mulai Senin-Sabtu (5-10/6/2023), di GOR Sritex Arena, Solo.

BACA JUGA: Songsong Pemilu 2024, Edy Sujatmiko : Masyarakat Harus Dicerdaskan dan Diberdayakan

Menurut Basri, kehadiran kelompok dewasa dalam event ini, sebagai wadah uji kemampuan bagi para atlet junior, yang baru beranjak dewasa. Karena di tingkat Nasional, pertandingannya minim. Dalam satu tahun mungkin hanya satu atau dua kejuaraan yang memasukkan kategori dewasa.

”Sementara para atlet itu butuh jam terbang, untuk masuk ke jenjang senior. Untuk itu, saya berterima kasih kepada Polytron, yang melalui kejuaraan ini telah menunjukkan kepeduliannya pada pembinaan atlet di seluruh jenjang, dari usia dini hingga dewasa,” ujar dia dalam keterangannya di Solo, Minggu (4/6/2023).

Dalam kejuaraan ini ada sebanyak 1.373 pebulutangkis yang berasal dari 225 klub di Tanah Air, bakal unjuk kemampuan, guna merebut gelar juara, dengan total hadiah lebih dari Rp 600 juta. Kejuaraan ini juga tak lepas dari dukungan Bakti Olahraga Djarum Foundation.

BACA JUGA: Hartopo Lepas Calon Jamaah Haji KBIH NU Kudus

Direktur Komersial Polytron, Tekno Wibowo menuturkan, kejuaraan ini diharapkan dapat menjadi tolok ukur pengembangan bakat pebulutangkis Indonesia. Terlebih lagi, tahun ini jumlah peserta meningkat signifikan, yang akan membuat persaingan menapaki tangga juara semakin kompetitif.

Disampaikan dia, pada edisi sebelumnya, yakni Walikota Cup Solo 2022, terdapat 762 peserta yang bertanding, pada 19 nomor dari berbagai kategori usia. Kenaikan jumlah peserta ini, tak lepas dari status Polytron Walikota Cup Solo 2023, sebagai Kejuaraan Swasta Nasional, yang masuk dalam kalender PBSI.

Dengan status ini, para atlet yang berpartisipasi dan meraih gelar juara, akan mendapat poin guna meningkatkan peringkat mereka di level Nasional. Hal ini tentunya menjadi magnet bagi para pebulutangkis dan klub yang ada di Indonesia.

BACA JUGA: Benarkah Hari Raya Idul Adha 2023 Muhammadiyah dan Pemerintah Berbeda? Simak!

”Dengan semakin kompetitifnya kejuaraan ini, diharapkan bisa menjadi awal yang bagus untuk regenerasi, dan mengasah bibit atlet bulutangkis yang berbakat di Indonesia,” ujar Tekno.

Sementara itu, Wakil Ketua Pelaksana Polytron Walikota Cup Solo 2023, Eddy Prayitno menyatakan, panitia siap menyambut ribuan pebulutangkis yang datang dari penjuru Indonesia ini.

”Demi memastikan kejuaraan ini berjalan lancar, pertandingan akan digelar di 12 lapangan yang tersebar di tiga gelanggang olahraga, yakni GOR Sritex A, GOR Sritex B dan GOR Universitas Sebelas Maret,” tandas dia.

BACA JUGA: Pengentasan Kemiskinan Harus Terintegrasi dan Konsisten

Polytron Walikota Cup Solo 2023 sendiri akan mempertandingkan 26 kategori usia. Di level junior terdapat nomor tunggal putra dan putri (U11, U13, U15, U17, dan U19), ganda putra dan putri (U13, U15, U17, dan U19), serta ganda campuran (U15, U17, dan U19).

Sementara di kategori dewasa akan mempertandingkan lengkap lima partai, yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.

Kejuaraan ini terbuka untuk umum dan dapat disaksikan secara gratis. Selain itu, jalannya pertandingan juga bisa diaksikan melalui live streaming di YouTube Usee Sports, Maxtream, dan aplikasi Indihome TV atau Usee Sports Indihome TV.

Riyan