blank
Ilustrasi ibadah haji. Foto: Dok/Kemenag

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebentar lagi, umat muslim akan menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha. Menurut kabar yang beredar, akan ada perbedaan hari jatuhnya Idul Adha antara pemerintah dan Muhammadiyah.

Lantas, kapan Hari Raya Idul Adha 2023 versi pemerintah dan Muhammadiyah?

Perbedaan ini mungkin saja terjadi karena pemerintah dan Muhammadiyah memiliki perbedaan dalam penghitungan yang dilakukan.

Dikutip dari Suara.com, bahwa Muhammadiyah memprediksi jatuhnya Hari Raya Idul Adha 2023 adalah pada tanggal 28 Juni mendatang.

Sedangkan menurut perhitungan pemerintah yang kemudian dirilis dalam SKB 3 Menteri, Hari Raya Idul Adha akan jauh pada tanggal 29 Juni, satu hari setelah prediksi Muhammadiyah.

Terkait perbedaan hari jatuhnya Idul Adha ini, pemerintah kemudian mengumumkan bahwa keputusan kapan Idul Adha akan dirayakan akan mengacu pada sidang isbat. Di tahun sebelumnya, sidang isbat baru akan digelar pada tanggal 29 Zulkaidah.

Pada tanggal 1 Juni 2023 sendiri adalah tanggal 12 Zulkaidah dalam penanggalan Islam. Maka dapat disimpulkan sidang isbat baru akan dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2023, tepat pada tanggal 29 Zulkaidah 1444 H. Setelah sidang ini, baru akan ditentukan kapan tibanya hari Idul Adha tahun 2023 secara pasti.

Tentu bisa saja terjadi pergeseran pada hari tibanya Idul Adha 2023, karena mungkin saja hasil pengamatan yang dilakukan pada sidang isbat berkata lain. Untuk memastikan tanggal Idul Adha 2023, mari kita nantikan hasil sidang isbat yang akan diadakan dalam waktu dekat.

Idul Adha dan Lebaran Haji

Tidak sedikit yang menyebut Hari Raya Idul Adha 2023 dengan istilah Lebaran Haji. Istilah ini sebenarnya mengacu pada pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci pada bulan Zulhijah. Di tanggal 9 Zulhijah, umat Islam yang melaksanakan ibadah haji akan mencapai puncak ibadah, yakni wukuf di Padang Arafah.

Wukuf sendiri adalah ritual haji yang mengajarkan umat muslim untuk sejenak meninggalkan aktivitas, agar dapat merenungkan diri, seperti yang pernah dilakukan Nabi Ibrahim saat menerima perintah Allah untuk mengorbankan Nabi Ismail.

Itu tadi penjelasan mengenai kapan Hari Raya Idul Adha 2023. Semoga bermanfaat!

Ning S