blank
Ilustrasi gatal-gatal di seluruh badan. Foto: Dok/Halodoc

2. Kortikosteroid
Kortikosteroid diresepkan jika gatal-gatal disebabkan oleh peradangan, seperti eksim, dermatitis, atau gigitan serangga. Obat ini tersedia dalam bentuk krim, salep, atau tablet.

3. Obat oles nonsteroid
Obat non steroid biasanya tersedia dalam bentuk krim, losion, gel, bedak. Contoh obat non steroid untuk meredakan gatal di seluruh badan, yaitu losion calamine, krim mentol dan capsaicin, atau salep pramoxine.

4. Antidepresan
Obat antidepresan bukan cuma bisa meringankan gejala depresi. Obat ini juga berfungsi untuk mengobati gatal akibat kelainan saraf atau masalah psikologis, serta gatal-gatal yang tidak membaik dengan pengobatan lain.

5. Antibiotik
Apabila gatal-gatal sampai menyebabkan kerusakan kulit, seperti infeksi dan bernanah, bisa jadi penyebabnya adalah bakteri. Nah, gatal-gatal karena bakteri ini perlu diobati dengan antibiotik.

Perawatan tambahan lainnya

Selain menggunakan obat, ada perawatan tambahan lain agar gatal-gatal di seluruh badan cepat hilang.

1. Tidak menggaruk bagian yang gatal untuk mencegah infeksi.

2. Gunakan pelembap untuk mencegah kulit kering.

3. Hindari mandi terlalu lama, tidak lebih dari lima menit atau mandi air panas. Hal ini bisa membuat kulit tambah kering sehingga gatal semakin parah.

4. Usahakan menghindari pemicu gatal, seperti sabun, deterjen, parfum, stres, atau suhu panas

5. Kompres dingin ke area yang gatal untuk mengurangi peradangan.

Gatal-gatal di seluruh badan yang ringan umumnya mereda dengan sendirinya tanpa perlu diobati. Namun, segera temui dokter jika gatal semakin mengganggu dan berlangsung lebih lama. Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat.

Ning S