blank
Ilustrasi gatal-gatal di seluruh badan. Foto: Dok/Halodoc

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pernahkan kamu merasakan gatal-gatal di seluruh tubuh? Gatal-gatal adalah masalah biasa dan umumnya hilang sendiri.

Bagaimana jika gatal-gatal terjadi di seluruh badan? Pastinya sangat mengganggu dan menyiksa. Pemicu gatal pada seluruh badan ada banyak faktornya. Mulai dari alergi, infeksi kulit sampai masalah psikologis.

Melansir dari Halodoc.com, dalam menangani gatal-gatal berbeda-beda, tergantung biang keladi rasa gatal tersebut. Itu sebabnya, kamu harus mencari tahu penyebab pastinya untuk mendapatkan obat yang paling cocok.

Apa penyebab gatal seluruh badan? Berbagai kondisi yang bisa memicu gatal di seluruh badan antara lain,

1. Reaksi alergi, seperti debu, makanan, paparan bahan kimia, kosmetik, deterjen atau gigitan serangga.

2. Infeksi, misalnya herpes, kurap, skabies atau kutu.

3. Masalah kulit, contohnya biang keringat, eksim, kulit kering, biduran, psoriasis, dermatitis atopik.

4. Gangguan sistem saraf, seperti saraf kejepit dan multiple sclerosis.

5. Penyakit kronis, seperti gangguan ginjal, diabetes, masalah tiroid, kanker, penyakit hati dan anemia defisiensi besi.

6. Perubahan hormon selama kehamilan.

7. Masalah psikologis, seperti stres, gangguan kecemasan, sampai depresi.

Obat untuk atasi gatal seluruh badan

Sebelum mengkonsumsi obat, kamu perlu mencari tahu pemicunya supaya bisa menghindarinya. Pemilihan obat juga harus disesuaikan dengan penyebab gatal. Misalnya, jika gatal-gatal disebabkan diabetes, kendalikan gula darah dengan menghindari makanan manis. Kamu juga perlu mengkonsumsi obat diabetes supaya kadar gula lebih terkontrol.

1. Antihistamin
Obat ini bekerja dengan menghambat produksi histamin yang bisa memicu rasa gatal di seluruh badan. Zat tersebut muncul ketika terjadi reaksi alergi. Namun, beberapa jenis obat ini bisa menimbulkan kantuk, sehingga sebaiknya diminum saat malam hari saja. Tanyakan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat.