blank
Momen para biksu usai mengambil api dharma di Api Abadi Mrapen, Jumat 2 Juni 2023.. Foto: Tya Wedya

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Menjelang peringatan Waisak 2567 BE, ratusan umat Buddha hadir dim kompleks Api Abadi Mrapen, mengikuti upacara pengambilan api dharma di Kompleks Api Abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jumat (2/6/2023).

Momen pengambilan api dharma ini diikuti sekitar 200 umat Buddha dan Sangha serta 10 majelis ini diawali dengan ibadah yang berlangsung khusyuk sejak pukul 10.00 WIB. Selanjutnya api dharma ini akan disucikan berbarengan dengan air suci yang diambil dari Umbul Jumprit di Kabupaten Temanggung.

Api dharma ini akan disemayamkan di Candi Mendut setelah dibawa dari Api Abadi Mrapen sekitar pukul 12.15 WIB.

Api dharma ini merupakan simbol penerangan dan energi yang luar biasa bagi umat manusia., api dharma ini merupakan cahaya gemerlapan yang menghapus gelam dan suram.

blank
Api yang telah diambil dimasukkan ke dalam obor suci yang akan disemayamkan di Candi Mendut, Kabupaten Magelang. Foto: Tya Wiedya

Baca juga Bertepatan Waisak, Pengunjung Candi Borobudur Tidak Bisa Naik ke Bangunan dan Pelataran Candi

Cinta kasih dan welas asih tergambar dalam api dharma ini dapat menembus ketidaktahuan dalam kehidupan manusia. Api dharma ini yang akan melepas manusia dari belenggu penderitaan.

Sementara itu, Waisak 2567 Buddhis Era 2023 ini mengambil tema menjalankan dharma dalam kehidupan sehari-hari.

Sub tema dalam Waisak 2567 BE yang hatug pada 4 Juni 2023 ini yaitu memperkuat persatuan dan kesatuan bangsabangsa serta perdamaian dunia.

Tya Widya