waisak 2567 BE
PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko akan melakukan pengaturan kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur saat Detik-detik Waisak 2023. Yakni, wisatawan tidak bisa naik ke bangunan candi dan pelataran, hanya sampai di Zona II atau sekitar Taman Lumbin. Foto: W. Cahyono

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Bertepatan dengan ibadah Waisak 2567 Budhhist Era(BE)/2023 yang jatuh pada Minggu ( 4/6/2024),  PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko akan melakukan pengaturan kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur.  Yakni,  pengunjung tidak bisa naik ke bangunan candi  dan pelataran, melainkan hanya di Zona II atau sekitar Taman Lumbini.

“Kebijakan ini dilakukan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, agar saat pelaksanaan ibadah Detik-detik Waisak bisa berjalan lancar. Dan, agar ibadah yang dilakukan para umat Buddha tersebut berlangsung secara khidmat,” kata Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Febrina Intan,  Jumat ( 2/6/2023).

Ferbrina mengatakan, kunjungan wisatawan di Candi Borobudur pada Minggu (4/6) tersebut juga dibatasi  mulai pukul 06.30 WIB sampai pukul 14.00 WIB. Hal itu dilakukan, untuk persiapan pelaksanan pelepasan lampion yang akan dilaksanakan pada Minggu malam.

Waisak 2567 BE
Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Febrina Intan . Foto: W. Cahyono

Menurutnya, meskipun untuk kunjungan naik ke struktur bangunan candi  dan halaman candi ditiadakan,  saat berlangsungnya detik-detik Waisak, para pengunjung Candi Borobudur masih bisa menyaksikan prosesi Waisak, meskipun dengan beberapa pembatasan.

“Para pengunjung regular, meskipun tidak bisa masuk ke pelataran candi, bisa menyaksikan prosesi Waisak. Meskipun ada pembatasan-pembatasan,” ujarnya.

Dua Pintu Masuk

General Manajer Unit Borobudur, Jamaludin Mawardi menambahkan, pihaknya menyiapkan dua pintu masuk bagi yang ingin melepaskan lampion Waisak. Yakni, semuanya masuk melalui pintu gerbang utama dan akan dibagi dua bagian.

“Khusus yang akan menerbangkan lampion  akan kita lewatkan pintu masuk wisatawan asing. Sedangkan yang pengungjung yang hanya menonton akan dilewatkan melalui pintu masuk wisatawan nusantara,” kata Jamal.

Menurutnya, bagi masyarakat yang ingin menonton acara pelepasan lampion Waisak wajib membeli tiket tanda masuk, sebesar Rp50 ribu per orangnya, baik wisatawan asing maupun domestik.  Sementara, bagi yang menerbangkan lampion, tiketnya sudah termasuk  masuk lokasi dan tiket pembelian lampion yang dijual secara on-line oleh panitia.

Adapun rangkaian rangkaian Detik-detik Waisak  2567 BE tersebut akan dimulai dengan arak-arakan dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur. Sedangkan, Detik-detik Waisak berlangsung tepat pada pukul 10.41.19 WIB.

Sementara untuk pelepasan lampion Waisak akan dilaksanakan pada Minggu malam, akan dibagi menjadi dua kali, yakni pada pukul 17.30 WIB dan pukul 19.30 WIB. Sedangkan jumlah lampion yang sudah disiapkan panitia sebanyak 2.567 buah. W. Cahyono