blank
Ilustrasi kulit kepala bau akibat ketombe. Foto: Freepik

Karena kulit kepala kamu sensitif, sebaiknya pilih sampo dengan kandungan lembut yang tidak mengandung sulfat, alkohol dan parfum. Selain itu, saat keramas, sebaiknya lakukan dengan pijatan lembut untuk meningkatkan sirkulasi dan mencegah pengikisan kulit kepala.

Jika kamu memiliki jenis kulit kepala atau rambut yang berminyak, sebaiknya cuci rambut minimal sekali setiap harinya dan gunakan kondisioner setelah keramas.

2. Cuka apel
Cuka apel memiliki sifat antimikroba yang dapat bermanfaat untuk membersihkan kulit kepala. Untuk mencegah iritasi, sebaiknya cuka apel diencerkan terlebih dahulu sebelum diaplikasikan ke area kulit kepala. Namun perlu diingat bahwa tidak semua orang cocok menggunakan cuka apel untuk mengatasi rambut atau kulit kepala yang bau, contohnya pada penderita eksim.

3. Lidah buaya
Kulit kepala bau akibat dermatitis seboroik mungkin dapat diatasi dengan lidah buaya. Tanaman ini memiliki sifat antiseptik dan anti inflamasi yang membuatnya bisa menjadi pengobatan alternatif untuk kondisi ini.

4. Sari lemon
Air perasan lemon memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengurangi bakteri penghasil bau di kulit kepala. Meskipun demikian, gunakan dengan hati-hati karena mungkin bisa membuat kulit kepala teriritasi dan lebih sensitif terhadap matahari.

5. Konsumsi suplemen omega 3
Suplemen omega-3 dan minyak ikan dapat menyehatkan rambut dengan merangsang sirkulasi di kulit kepala serta mengurangi peradangan. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi suplemen tertentu.

6. Konsumsi probiotik
Probiotik dapat membantu menyeimbangkan mikrobioma usus. Karena kesehatan usus terkait dengan kesehatan kulit, termasuk kulit kepala, maka mengkonsumsi probiotik juga mungkin dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala.

Direkomendasikan konsumsi probiotik yang setidaknya mengandung dua jenis bakteri seperti Lactobacillus dan Bifidobacterium.

7. Konsultasikan dengan dokter
Jika perawatan rumahan atau penggunaan sampo anti ketombe yang dijual bebas tidak mengatasi masalah kulit kepala bau, ini saatnya kamu berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan jika diperlukan, mungkin akan direkomendasikan sampo dengan kandungan yang lebih kuat, atau diresepkan obat anti jamur baik oral atau salep.

Itulah penyebab dan cara mengatasi kulit kepala bau. Umumnya kamu mungkin bisa mengatasinya hanya dengan membersihkan kulit kepala secara rutin. Tetapi jika kondisi ini terjadi tiba-tiba dan memburuk dengan cepat tanpa bisa diatasi, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter kulit.

Ning S