blank
Ilustrasi kulit kepala bau akibat ketombe. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apa sebenarnya penyebab rambut menjadi bau? Kulit kepala yang bau bisa membuat rambut kamu ikut bau. Penyebabnya antara lain adanya tumpukan bakteri dan jamur, ketombe, hingga penyakit kulit seperti dermatitis seboroik.

Masalah rambut dan kulit kepala tidak jarang menjadi sumber rasa tidak percaya diri. Salah satunya masalah kulit kepala bau. Walaupun keluhan kulit kepala bau tidak seumum masalah bau ketiak atau bau kaki, tidak sedikit orang yang minder karena ini juga akan membuat rambut bau apek atau asam.

Pada dasarnya, tidak ada gangguan penyakit yang khusus menyebabkan kulit kepala bau. Tetapi kondisi ini dapat disebabkan oleh beragam kondisi yang sebaiknya segera diatasi.

Dikutip dari SehatQ, ada beberapa penyebab kulit kepala bau. Ada beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab kulit kepala bau, simak yuk..

1. Kurang menjaga kebersihan
Kebersihan rambut dan kulit kepala yang tidak terjaga merupakan penyebab umum kulit kepala bau. Ketika jarang membersihkannya atau tidak mencuci rambut dengan benar, keringat, polutan dan produk perawatan rambut yang menumpuk dalam waktu lama dapat menyebabkan rambut dan kulit kepala mengeluarkan bau tidak sedap.

2. Keringat berlebihan
Keringat yang dibiarkan menumpuk dapat bercampur dengan bakteri di kulit kepala dan menyebabkan bau tidak sedap. Kondisi ini bisa menjadi lebih buruk saat kamu memiliki hiperhidrosis, suatu kondisi yang ditandai keluarnya keringat berlebihan, serta kerap melewatkan mandi setelah memproduksi banyak keringat, seperti setelah berolahraga.

3. Ketombe
Ketombe adalah kondisi yang menyebabkan kulit gatal atau mengelupas. Ketombe merupakan kondisi yang lebih ringan dan umum dibandingkan gangguan kulit kepala lain seperti psoriasis atau dermatitis seboroik. Ketombe juga bisa menjadi penyebab kulit kepala bau pada sebagian orang.

4. Psoriasis kulit kepala
Psoriasis adalah kondisi kulit yang disebabkan oleh gangguan autoimun dan bersifat genetik. Kondisi ini ditandai dengan bercak merah bersisik dan kulit kering pada tubuh, termasuk kulit kepala. Terkadang kondisi ini bisa menyebabkan kulit kepala berbau tidak sedap.